Gratis Biaya Persalinan, Suni Bangga Memiliki Kartu JKN

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Melahirkan merupakan perjalanan yang tak lepas dari seorang wanita. Hal ini dialami oleh Suni (35), warga Kabupaten Karawang, Jawa Barat saat melahirkan putri ketiganya di salah satu rumah sakit swasta.

Saat ditemui, Suni tidak dapat menyembunyikan raut bahagianya. Meskipun ini bukan melahirkan pertamanya, namun senyum Suni tetap menyiratkan kebahagiaan yang sangat besar.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah persalinan saya berjalan dengan baik dan lancar. Semua berkat kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang saya pegang ini. Kalau tidak punya jaminan kesehatan kartu JKN ini, saya dan suami harus memutar otak untuk mencari biaya persalinan,” kata Suni.

Pada dua kali persalinan Suni sebelumnya, ia tidak memiliki jaminan kesehatan sehingga harus membayar sendiri seluruh biayanya. Ia pun mengaku hal tersebut terasa cukup berat. Ia pun bersyukur sekarang sudah ada Program JKN yang bisa memberikan kepastian jaminan kesehatan baginya. Suni merasa Program JKN sangat membantunya menjalani persalinan tersebut.

“Awalnya ketika kontraksi suami dan saya segera berangkat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar. Setelah beberapa jam di sana, air ketuban saya pecah dan ternyata ada kondisi serius yang harus ditangani di rumah sakit, maka saya pun segera dibawa ke rumah sakit. Saat itu saya pikir saya harus menjalani operasi, saya sudah pasrah. Namun ternyata pembukaannya lengkap dan saya segera bisa melahirkan dengan normal,” katanya.

Dikatakan, semua prosesnya berjalan dengan sangat cepat. Ia tidak bisa membayangkan jika ia tidak memiliki kartu JKN, mungkin ia akan kebingungan saat dibawa ke rumah sakit karena bingung dengan biayanya kalau sampai operasi.

Sebagai peserta JKN mandiri kelas 3, Suni beserta keluarganya sadar benar bahwa memiliki kartu JKN yang aktif merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu, Suni berkomitmen untuk rutin selalu membayarkan iuran JKN miliknya.

“Alhamdulillah ternyata semuanya bisa berjalan dengan lancar. Tim medis pun segera memberikan penanganan sebagaimana mestinya dan saya juga langsung dapat kamar. Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki tiga orang anak, saya sangat bergantung pada Program JKN apabila anak-anak saya sakit. Saya harus memiliki kartu JKN yang aktif dengan tidak menunggak iuran. Saya berharap Program JKN dapat terus berlangsung memberikan pelayanan bagi kita semua,” ungkapnya.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait