Harus Cuci Darah Dua Kali Seminggu, Forman Rasakan Manfaat JKN

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Forman (50) merupakan  peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang sudah merasakan langsung manfaat memiliki jaminan Kesehatan. Namun ia sempat menyesalan karena beranggapan bahwa memiliki jaminan kesehatan tidak begitu penting karena ia merasa masih sangat sehat.

“Sejak beberapa tahun lalu saya sudah bergabung menjadi peserta JKN, ketika BPJS Kesehatan baru dibentuk. Saat itu saya masih sehat, tidak memiliki penyakit yang berat, paling hanya flu demam biasa. Setelah daftar, saya biarkan saja iuran saya menunggak, tidak saya bayarkan karena waktu itu menurut saya nggak butuh. Ternyata setelah saya mengalami sakit berat, baru saya rasakan betapa pentingnya memiliki kartu JKN yang aktif,” kata Forman.

Bacaan Lainnya

Delapan bulan yang lalu, warga Kabupaten Karawang ini divonis gagal ginjal sehingga harus menjalani cuci darah dua kali seminggu. Ternyata Forman juga memiliki diabetes, kolesterol, dan darah tinggi. Ia pun langsung membayarkan tunggakan iurannya sekeluarga.

“Cukup besar jumlahnya tapi saya sadar bahwa itu adalah kesalahan saya. Ketika kartu saya sudah kembali aktif, saya segera menggunakannya. Baru saya sadar ternyata kartu JKN ini sangat membantu dan menolong saya ketika menghadapi penyakit berat seperti ini,” katanya.

Dikatakan, dalam waktu dekat ia juga akan menjalani tindakan operasi karena ada luka di telapak kakinya yang belum kunjung sembuh karena diabetes yang dialaminya. Ia pun percaya kepada tim medis yang menanganinya dengan baik dan cekatan. Menurutnya, pelayanan yang ia peroleh selama menjalani cuci darah sangatlah memuaskan.

“Yang bisa saya lakukan setiap harinya adalah memiliki hati yang gembira agar saya tetap semangat terus dalam menjalani pengobatan ini. Tentunya juga dengan rutin membayar iuran JKN, karena pelayanan yang saya dapatkan sudah sangat baik,” jelasnya.

“Bayangkan berapa banyak orang yang sudah dibantu oleh Program JKN, cukup hanya membayar Rp35.000 per jiwa setiap bulannya, kita bisa memperoleh manfaat jaminan kesehatan untuk operasi besar seperti operasi jantung dan lain sebagainya. Oleh karenanya, saran saya ayo rutin bayar iuran JKN tepat waktu setiap bulannya. Meskipun kita belum membutuhkan pelayanan, pasti suatu saat nanti akan butuh, mungkin sekarang ketika kita sehat waktunya kita membantu orang lain dulu,” tambahnya.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait