Kang Jimat Terima Kunjungan Bupati Ogan Ilir, Ini yang Dibahas

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Bupati Subang H. Ruhimat, menerima kunjungan kerja Bupati Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan Panca Wijaya Akbar, di Pendopo Abdul Wahyan, Rumah Dinas Bupati Subang, Senin, (17/7/2023).

Bupati Kabupaten Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, mengaku, maksud dan tujuannya ke Kabupaten Subang yaitu terkait kerjasama di bidang pertanian, khususnya budidaya Nanas.

Bacaan Lainnya

“Kami ingin kerjasama bidang pertanian, karena kami merupakan salah satu daerah penyumbang produksi Nanas terbanyak di Sumatera Selatan. Hampir 97 % Nanas di Sumatera selatan, disumbang dari Kabupaten Ogan Ilir,” kata Panca.

Dijelaskan, dia datang ke Kabupaten Subang untuk melihat pengolahan serat nanas dan akan menjadi percontohan di Kabupaten Ogan Ilir yang juga menjadi penghasil buah nanas.

“Saya mengajak teman-teman untuk melihat pengolahan serat nanas secara langsung di Kabupaten Subang. Menjadi percontohan bagi kami untuk diterapkan di Ogan Ilir,” katanya.

Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat, berharap silaturahmi ini bermanfaat bagi kemakmuran rakyat, khususnya di Ogan Ilir.

“Apa yang baik di Kabupaten Subang, bisa dilakukan di Ogan Ilir, tentunya untuk kemakmuran rakyat kita. Silahkan untuk melakukan study di sini,” kata Kang Jimat.

Diakuinya, Subang merupakan daerah penghasil Nanas terbesar di Jawa Barat. Namun, bukan hanya penghasil Nanas, Subang juga menjadi salah satu lumbung padi ke 3 di Jawa Barat dan juga ke 3 di Nasional.

“Subang menjadi penghasil Nanas terbesar di Jawa Barat. Subang terdiri dari 3 wilayah, kami memiliki pantai di Utara, dimana di sana sedang ada proses pembangunan pelabuhan internasional Patimban, kemudian kami juga mempunyai zona tengah yang menghasilkan padi, sehingga kami menjadi lumbung padi Nasional ke 3 dan ke 3 di Jawa Barat. Kami juga memiliki wilayah selatan pegunungan yang berada di Wilayah selatan, seperti Tangkuban perahu dan Ciater, dan di selatan itu yang mampu memproduksi nanas di Jawa Barat,” tegasnya.

Kang Jimat juga menjelaskan, bahwa dengan produksi Nanas yang besar, membuat suatu inovasi bagi masyarakat Kabupaten Subang yaitu inovasi di bidang serat Nanas.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait