Presiden Jokowi Bangga, Hasil Panen Padi di Ciasem Subang 9 Ton Per Hektar

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo yang menjabat sebagai Badan Pangan Nasiolan (Bapanas) bersama Bupati Subang H. Ruhimat, melaksanakan panen raya padi di Desa Ciasem, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang, Jawa Barat dan di Kawasan PT. Sanghyang Seri Ciasem, Minggu (8/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut Jokowi tanpak melakukan dialog dengan para petani, Jokowi juga sempat memberikan respon terkait hasil panen padi ditengah fenomena El-Nino yang membuat kekeringan di wilayah Indonesia.

Bacaan Lainnya

Jokowi merasa senang dengan hasil panen di Kabupaten Subang, terlebih hasil yang dapat diraih dari setiap hektarnya mampu mencapai 9 ton.

“Ini P2 yang saya senang. hasilnya satu hektar bisa mencapai 9 ton. Kita harapkan dari panen inilah, pasokan bisa menambah cadangan pangan kita. Tetapi memang tetap masih kurang, sehingga dari yang ada di Bulog sekarang ini 1,7 juta ton kita masih menambah lagi sampai akhir tahun 1,5 juta ton,” kata Jokowi.

Meskipun ditengah dampak kekeringan yang melanda Indonesia, Jokowi merasa bangga dengan hasil panen padi yang didapat oleh petani Ciasem Kabupaten Subang.

“Saya sangat senang hasil panen di Kabupaten Subang bagus, mungkin minggu depan saya mau lihat di Indramayu, kelihatanya juga lebih luas lagi panennya. Tetapi sekali lagi karena dampak El Nino hasil produksinya  menurun dan berkurang,” katanya.

Jokowi juga menyatakan bahwa badai El-Nino yang saat ini masih terasa, memberikan dampak terhadap penurunan produksi dan hasil panen.

“Kenapa kita tambah, karena El-Nino memberikan dampak pengaruh (penurunan) pada produksi, dan pengaruh pada hasil panen yang ada,” ungkapnya.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait