Upland Project Pertanian Tingkatkan Produksi Manggis dan Tembakau di Subang Selatan

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Sebanyak 2.557 petani yang tersebar di 34 desa di 8 kecamatan se-Kabupaten Subang, Jawa Barat, memeriahkan Gelar Produk Pertanian yang diinisasi Dinas Pertanian melalui Upland Project Kabupaten Subang, Kamis (9/11/2023).

Gelaran produk pertanian yang dibuka oleh Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat di Lapang Desa Sukamelang, Kecamatan Kasomalang, bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi manggis di Kabupaten Subang.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Nenden Setyawati, mengatakan, gelaran produk pertanian ini sebagai upaya meningkatkan hasil produk pertanian di Subang Selatan.

“Produk holtikultura salah satunya manggis dan tembakau ini untuk memberikan informasi atas perkembangan berbagai produk, pemasaran, dan teknologi, sehingga dapat menggali potensi usaha di Kabupaten Subang khususnya pelaku usaha tani di Subang Selatan dengan komoditas manggis dan tembakau yang mendapat program Upland karena dianggap sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan,” kata Nenden.

Diakuinya, hasil pertanian program Upland dan berstandar ekspor sekaligus sebagai penjaga kelestarian alam di Subang selatan. Output Upland adalah produk yang dihasilkan harus berstandar ekspor. Sekaligus walaupun lahan di Subang selatan menjadi wisata tapi hasil pertanian harus tetap dipertahankan.

Dirjen PSP Kementerian Pertanian, Fikri Indra, Upland Pertanian ini sebagai wujud semangat petani dalam meningkatkan kualitas produksi bersama Upland. Subang mendapat bantuan sebesar Rp 75.134.000.000 untuk 1,165 lahan dengan tujuan meningkatkan produktifitas dan pendapatan petani serta mengembangkan infrastruktur pertanian.

Bupati Subang H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang Jimat mengaku bangga dan bahagia melihat tanaman manggis yang ranum akan buah manggis. Terkait bantuan Upland adalah untuk petani agar dapat dimanfaatkan usaha tani.

“Petani penerima manfaat agar dapat memaksimalkan bantuan ini untuk meningkatkan perekonomian,” kata Kanlg Jimat.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait