Polda Jawa Barat Launching Satuan PAM Obvit Polres Karawang

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Polda Jawa Barat melaunching Satuan Pam Objek Vital (Obvit) untuk meningkatkan pelayanan polisi sesuai dengan program prioritas Kapolri transformasi di organisasi menuju Polri presisi, di Mako Polres Karawang, Selasa (14/11/2023).

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol A.Wiyagus melalui Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan, pembentukan Satuan Pam Obvit di Karawang menjadi aspek utama pengamanan.

Bacaan Lainnya

“Karawang mempunyai wilayah yang mempunyai investasi yang cukup luas, dengan demikian banyak perusahaan perusahaan termasuk perusaahan objek vital yang membutuhkan pengamanan,” katanya.

Dijelaskan, pelayanan bisa  tingkatkan dengan pembentukan Sat Pam Obvit  sesuai dengan KEP Kapolri No 1209 tanggal 9 September.

“Dengan pembentukan ini, ada satuan baru di Polres Karawang yang bisa melakukan pelayanan di bidang Objek Vital Nasional,” jelasnya.

Menurutnya, Sat Pam Obvit merupakan pecahan dari samapta dan personelnya belum banyak sekitar 20 personel yang mengawaki. Ke depan akan dibuat personnnya banyak sehingga bisa mengakomodasi keperluan perusahaan dan obvit l yang ada di Karawang.

Polda Jawa Barat dan terdiri dari 23 Polres baru ada sekitar 5 satuan yang mempunyai satpam Obvit.

“Karena memang ini disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, tetapi ke depan tidak menutup kemungkinan semua nanti akan dibentuk sesuai dengan kebutuhan wilayahnya masing-masing,” katanya.

Selain itu, kata Kombes Pol Tompo, peningkatan sarana prasarana secara bertahap akan diusulkan dan untuk tahun ini memang belum ada anggaran karena masih menempel kepada Sat Samapta.

“Tetapi ke depan tahun 2024 akan diupayakan untuk bisa mandiri dengan penganggaran yang berdiri sendiri, sehingga operasionalnya betul-betul bisa setel sambil berjalan akan dilakukan penambahan baik dari sisi personil maupun peralatannya,” ungkapnya.(ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait