Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Dalam rangka meningkatkan pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN) kepada masyarakat Desa Jatisari, Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, BPJS Kesehatan Cabang Karawang menyambangi warga dari desa ke desa, melalui Program BPJS Keliling.
“BPJS Keliling merupakan pelayanan yang setiap hari dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Karawang dengan bergerak langsung mendatangi masyarakat. Kami berkeliling dari satu desa ke desa berbeda setiap harinya untuk memberikan pelayanan kepada peserta Program JKN. Adapun salah satu tujuan dari BPJS Keliling ini adalah untuk mempercepat Universal Health Coverage (UHC) di Kabupaten Karawang,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Fahrurozi, di Karawang, Kamis (7/12/2023).
Hal ini juga sejalan dengan transformasi mutu layanan yang digaungkan oleh BPJS Kesehatan pada tahun 2023 ini. Transformasi mutu layanan ini mencakup layanan kepesertaan juga layanan pada fasilitas kesehatan.
Adapun jenis layanan administrasi peserta yang dapat diakses pada BPJS Keliling antara lain pendaftaran peserta/keluarga Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), peralihan data peserta, perubahan data (nama, tanggal lahir, domisili, nomor handphone, email), pendaftaran/registrasi Aplikasi Mobile JKN, pelayanan pengaduan dan informasi peserta, pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB).
“Sementara itu untuk syarat pelayanan administrasi peserta yang dapat diakses pada bpjs keliling antara lain kartu peserta JKN, fotokopi Kartu Keluarga (KK) yang di tandatangani pejabat berwenang Dinas Kependudukan kabupaten, fotokopi Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) bagi peserta berusia di atas 17 tahun, fotokopi buku rekening tabungan untuk masyarakat yang akan mendaftar peserta baru,” kata Fahrurozi.
Pada BPJS Keliling ini masyarakat juga bisa mendapatkan informasi seputar kanal-kanal layanan yang dapat diakses oleh masyarakat secara digital, sebagai bentuk transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan.
“Kini sudah banyak sekali inovasi kanal layanan digital yang dapat diakses oleh masyarakat yang menawarkan kemudahan, baik dari segi waktu maupun biaya. Adapun salah satunya yaitu transformasi digital melalui pelayanan dengan WhatsApp (PANDAWA). Masyarakat hanya perlu mengirimkan pesan ke nomor 08118165165, nanti sistem dan petugas akan langsung membalas dan memberitahukan langkah-langkah selanjutnya untuk dapat mengakses layanan. Selain itu ada juga Aplikasi Mobile JKN yang bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi peserta JKN,” katanya.
Dijelaskan, selain BPJS Keliling, BPJS Kesehatan Cabang Karawang juga berkolaborasi dengan kegiatan-kegiatan dari pemerintah daerah di wilayah kerjanya, seperti Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kabupaten Karawang juga kegiatan Gempungan di Kabupaten Purwakarta. Ia berharap pelayanan Program JKN di tengah masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat.
Di sisi lain, antusias warga Desa Jatisari juga sangat besar terhadap hadirnya BPJS Keliling. Hal tersebut terlihat dari banyaknya warga yang hadir untuk mengakses layanan administrasi BPJS Kesehatan.
Rohana (51), merupakan seorang warga Desa Jatisari yang juga merupakan seorang pensiunan juga turut hadir dalam kegiatan BPJS Keliling saat itu. Menurut Rohana, BPJS Keliling ini sangat membantu dirinya karena tidak harus pergi ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang.
“Saya kan sudah pensiunan ini, sudah tua, udah capek kalau pergi jauh-jauh. Ini tadi diinfo ada mobilnya BPJS Kesehatan datang, saya langsung siap-siapin data, mau urus ada data yang salah. Namanya sudah tua kalo sakit kan kita ngga tau kapan ya datangnya, pengennya semua data-data tuh beres gitu, jadi kalau sakit langsung bisa dipakai kartu JKNnya. Terimakasih BPJS Kesehatan sudah hadir di desa kami ini, dengan begini kami jadi lebih hemat waktu dan biaya. Semoga pelayanan ke depannya semakin baik lagi ya,” ungkap Rohana.(ybs/ops/sir)