Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Untuk meningkatkan pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Karawang, BPJS Kesehatan Cabang Karawang langsung sambangi warga dari desa ke desa melalui Program BPJS Keliling, di Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.
“BPJS Keliling merupakan pelayanan yang setiap hari dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Karawang dengan bergerak langsung mendatangi masyarakat. Kami berkeliling dari satu desa ke desa berbeda setiap harinya untuk memberikan pelayanan Program JKN. Adapun salah satu tujuan dari BPJS Keliling ini adalah untuk memberikan pelayanan yang mudah dan cepat bagi seluruh masyarakat dan peserta JKN, dengan hadir langsung ke tengah masyarakat sehingga dapat diakses oleh siapa saja yang hadir pada kegiatan ini,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Fahrurozi.
Hal ini juga sejalan dengan transformasi mutu layanan yang digaungkan oleh BPJS Kesehatan pada tahun 2023 ini, yaitu pelayanan yang mudah, cepat, dan setara. Transformasi mutu layanan ini mencakup layanan kepesertaan juga layanan pada fasilitas kesehatan.
Adapun masyarakat yang hadir di Desa Telukjambe Barat tersebut dapat mengakses beberapa jenis layanan administrasi kepesertaan yang dapat diakses pada BPJS Keliling, antara lain Pendaftaran Peserta/Keluarga Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), Peralihan Data Peserta, Perubahan Data (nama, tanggal lahir, domisili, nomor handphone, email), Pendaftaran/Registrasi Aplikasi Mobile JKN, Pengaduan dan Informasi Peserta, Pendaftaran Program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB).
Sementara itu, bagi masyarakat yang hendak mendaftar menjadi peserta JKN dapat menyiapkan Kartu Keluarga, KTP, dan fotokopi buku rekening atau dompet digital. Bagi peserta yang baru pertama kali mendaftar menjadi peserta JKN akan dikenakan waktu tunggu 14 hari untuk dapat melakukan pembayaran iuran JKN hingga kartunya aktif dan dapat digunakan.
Pada BPJS Keliling ini masyarakat juga bisa mendapatkan informasi seputar kanal-kanal layanan yang dapat diakses oleh masyarakat secara digital sebagai bentuk transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan.
“Kini sudah banyak sekali inovasi kanal layanan digital yang dapat diakses oleh masyarakat yang menawarkan kemudahan baik dari segi waktu maupun biaya. Adapun salah satunya yaitu transformasi digital melalui Pelayanan Administrasi melalui WhatsApp (PANDAWA). Masyarakat hanya perlu mengirimkan pesan WhatsApp seperti biasa ke nomor 08118165165, nanti petugas akan langsung membalas dan memberitahukan langkah-langkah selanjutnya untuk dapat mengakses layanan. Selain itu ada juga Aplikasi Mobile JKN yang bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi peserta JKN,” katanya.
Selain BPJS Keliling, kata Fahrurozi, BPJS Kesehatan Cabang Karawang juga berkolaborasi dengan kegiatan-kegiatan dari pemerintah daerah di wilayah kerjanya, seperti Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kabupaten Karawang, juga kegiatan Gempungan di Kabupaten Purwakarta. Dengan demikian, Fahrurozi berharap pelayanan Program JKN di tengah masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat.
Di sisi lain, antusias warga Desa Telukjambe Barat juga sangat besar terhadap hadirnya BPJS Keliling. Hal tersebut terlihat dari banyaknya warga yang hadir untuk mengakses layanan administrasi BPJS Kesehatan. Aan (45), merupakan seorang warga Desa Telukjambe yang turut hadir dalam kegiatan BPJS Keliling saat itu. Menurut Aan, BPJS Keliling ini sangat membantu dirinya karena tidak harus pergi ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang.
“Program BPJS Keliling ini menurut saya sangat bagus ya, masyarakat bisa langsung tanya-tanya ke petugas BPJS Kesehatan tanpa perlu jauh-jauh ke kantor. Informasinya juga sudah pasti akurat dan tidak berbiaya,” jelasnya.
“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, apalagi kalau ke desa-desa yang jauh di pelosok ya pasti ini sangat bermanfaat. Semoga ke depannya dapat terus berlanjut ya dan pelayanan yang diberikan terus meningkat lebih baik,” tambahnya.(ybs/ops/sir)