10 Pemenang Program UMKM Juara Dihadiahi Rp 20 Juta

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Koperasi  Usaha Kecil dan Menengah (Dinkop UKM) Kabupaten Karawang menyerahkan hadiah kepada 10 pemenang Program UMKM Juara tahun 2023 dengan hadiah Rp 20 juta dalam bentuk bantuan barang.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Karawang, Aep Syaepulloh didampingi Kepala Dinkop UKM Karawang, Rochman di Galeri UMKM Karawang, Kamis, (11/1/2024).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, ada 10 UMKM dari Karawang yang menjadi juara pada program UMKM Juara Jawa Barat. Ini merupakan wujud keseriusan Pemkab Karawang dalam proses pembinaan pelaku UMKM,” kata Bupati Karawang, Aep Syaepulloh.

Dikatakan, pasca program UMKM Juara ini. Pihaknya melalui Dinkop UKM Karawang akan menindaklanjuti dengan program pengembangan. Salah satunya dengan melanjutkan program kerja sama dengan retail modern seperti Alfamart dan Indomaret.

“Oleh karena itu tahun 2024 ini kita harus melanjutkan program yang strategis itu, agar lebih banyak lagi pelaku UMKM yang tersentuh program,” katanya.

Tahun ini juga, kata Aep, Pemkab Karawang bakal mengeluarkan edaran kepada pengurus Koperasi Perusahaan di wilayah kawasan. Agar menjalin kerjasama dengan pelaku UMKM melalui Dinkop UKM Karawang.

“Insya Allah kebijakan itu akan segera, karena kami ingin para pelaku UMKM di Karawang produk-produknya bisa masuk ke kawasan industri yang ada di Karawang,” jelasnya.

Kepala Dinkop UKM Karawang Rochman menambahkan, program UMKM Juara di tahun 2024 ini juga rencananya bakal dilanjutkan. Namun, menurut informasi dari Pendamping UMKM Jawa Barat. Konsep program dan namanya akan diperbaharui.

Selain itu, Rochman juga mengimbau kepada seluruh pelaku UMKM di Karawang untuk meningkatkan kualitas produknya.

“Selain meningkatkan kualitas produk, pelaku UMKM di Karawang juga harus melengkapi legalitas produknya. Tahun ini juga insyaallah, kami akan memfasilitasi pembuatan legalitas produk gratis untuk UMKM. Seperti PIRT, halal, hingga HAKI,” kata Rochman.

Rochman berharap, dengan berbagai fasilitas dan program pembinaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Karawang. Para pelaku UMKM semangat dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas produk usahanya.

“Dengan begitu perekonomian di Kabupaten Karawang pun akan meningkatkan. Dan kami berharap bisa menjadikan masyarakat Karawang lebih sejahtera,” ungkapnya.(ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait