Mahasiswa UMM Edukasi Jiwa Kepemimpinan Siswa SD Negeri Dermo II

  • Whatsapp

Kabupaten Pasuruan, spiritnews.co.id – Dalam rangka Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) edukasi siswa-siswi SD Negeri Dermo 2 tentang pengelolaan limbah plastik sekali pakai menjadi barang tepat guna untuk melestarikan lingkungan dan hidup sehat.

Sekelompok mahasiswa bimbingan Dosen Pembimbing Laela Hikmah Nurbatra, S. Pd., M.A, M.EdLead, melakukan edukasi kepemimpinan kepada siswa-siswi SD Negeri Dermo 2, Desa Dermo, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Selain itu, para mahasiswa PMM Kelompok 45 Gelombang 1 ini juga melatih mental anak untuk maju agar kedepan menjadi seorang pemimpin.

Bacaan Lainnya

Kepala SD Negeri Dermo 2, Yuliati, S.Pd., mengaku, jumlah siswa di sekolahnya sebanyak 82 orang. Para peserta didik terlihat antusias saat mendengarkan edukasi mengenai jiwa kepemimpinan dan cara pengolahan limbah rumah tangga dari para mahasiswa.

“Kami dan siswa harus memiliki jiwa kepemimpinan dan memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif. Proses ini sangat penting dalam mendorong kesetaraan gender dalam kepemimpinan, karena hal ini dapat memperkuat atau menantang stereotip dan bias gender,” kata Yuliati.

Kesetaraan gender berarti laki-laki dan perempuan memiliki akses, kontrol, partisipasi, dan manfaat yang setara dalam seluruh aspek masyarakat, termasuk kepemimpinan. Oleh karena itu, sosialisasi kepemimpinan memainkan peran penting dalam mendorong kesetaraan gender dengan menciptakan kesetaraan bagi laki-laki dan perempuan.(rls/red/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait