Ekshibisi Keliling “Universum. Mensch. Intelligenz.” Asal Jerman Dipamerkan di Perpustakaan Nasional Indonesia

  • Whatsapp

Jakarta, spiritnews.co.id – Ekshibisi keliling bertajuk “Universum. Mensch. Intelligenz.” (UMI) yang diselenggarakan lembaga kebudayaan Jerman Goethe-Institut dan organisasi riset Max Planck Society akan dipamerkan di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mulai 8 Juli hingga 8 Agustus 2024.

Pameran ini menyajikan informasi tentang penelitian mutakhir di Jerman yang diperuntukkan bagi pemelajar bahasa Jerman serta penggemar ilmu pengetahuan. Jakarta menjadi kota kedua di Indonesia yang disambangi pameran UMI.

Pameran ini sebelumnya diselenggarakan di Museum Geologi Bandung pada 18 Mei-30 Juni 2024, dan dikunjungi sekitar 60.000 orang. Sebelumnya, pameran tentang STEM yang diinisiasi pada 2021 di Jerman ini telah berkeliling ke sejumlah kota di Eropa dan Asia.

Tema utama pameran “Universum. Mensch. Intelligenz.” (dalam bahasa Indonesia: “Alam Semesta. Manusia. Kecerdasan.”) adalah penjelajahan pengetahuan, yang direpresentasikan melalui contoh-contoh dalam lima topic utama, yakni Alam Semesta, Sejarah Manusia, Otak, Antroposen, dan Kecerdasan Buatan (AI).

UMI menyeimbangkan antara menyampaikan pengetahuan dasar sekaligus menyajikan penelitian mutakhir di Jerman. Isi pameran menampilkan teks yang mudah dipahami, banyak gambar, grafik, presentasi, animasi, film, podcast, dan elemen interaktif bagi pelajar. Meskipun pameran tersaji dalam bahasa Jerman, tersedia pemandu yang akan menjelaskan dalam bahasa Indonesia.

“Pameran UMI bertujuan menunjukkan bahwa penelitian sangat dihargai di Jerman dan merupakan bagian penting dari budaya Jerman. Pada saat yang sama, ilmu pengetahuan di Jerman memiliki jaringan internasional yang sangat baik dan menawarkan banyak peluang bagi pelajar dan peneliti muda dari seluruh dunia, seperti yang ditunjukkan oleh berbagai contoh konkret dalam pameran ini,” ujar Kepala Bagian Bahasa Goethe-Institut Wilayah Asia Tenggara, Australia, dan Selandia Baru Ulrike Drissner.

Pameran gratis ini terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi di lobi Perpustakaan Nasional RI, Jl. Medan Merdeka Selatan No.11, Jakarta Pusat, setiap Senin–Jumat, pkl. 08.00–19.00 WIB dan Sabtu–Minggu, pkl. 09.00–16.00 WIB.(rls/red/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait