SMPN 1 Lhoksukon : Optimalkan Peran Orang Tua dalam MPLS dan Awal Tahun Ajaran Baru

  • Whatsapp

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara menggelar Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran Baru 2024/2025 yang dimulai Senin (15/07/2024).

MPLS ini merupakan kegiatan yang lazim dilakukan pada awal tahun ajaran baru yang diperuntukkan siswa baru.  Proses pelaksanaan MPLS ini berlangsung selama sepekan dengan jumlah peserta didik baru 200 orang.

Bacaan Lainnya

Kepala SMPN 1 Lhoksukon, Azhari, S.Pd mengatakan, MPLS ini diselenggarakan agar siswa dapat memahami kondisi lingkungan sekolah. Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah adalah laboratorium awal untuk mengenal hakikat sekolah kepada siswa. Orang tua turut menjadi kunci, turut memainkan peran utama selain warga sekolah. Orang tua saling melengkapi  atau kerjasamanya baik di sekolah dan di rumah agar anak-anak bisa belajar dengan baik.

“Dengan harapan, para siswa baru dapat menyesuaikan kondisi lingkungan, saling kenal satu dengan yang lain dan terutama dapat menumbuhkan mental dan akhlak peserta didik baru di SMP Negeri 1 Lhoksukon,” kata Azhari.

Dikatakan, MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan peserta didik terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Utara, Jamaluddin, M.Pd, mengatakan, di awal memasuki SD, SMP maka siswa diperkenalkan dengan lingkungan sekolah yang akan mereka tempati, hal ini bertujuan agar Siswa dapat memahami kondisi lingkungan sekolah.

“Rangkaian kegiatan pengenalan ini dirangkum menjadi satu dalam kegiatan MPLS bagi siswa baru, sehingga siswa akan menjadi lebih mengenal tentang lingkungan sekolah sehingga dapat terbiasa di lingkungan sekolah yang baru,” kata Jamaludin.(mah/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait