Ratusan Rumah Rusak Akibat Hujan Deras di Kecamatan Tanah Luas, PT PIM Salurkan Bantuan

  • Whatsapp

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Sedikitnya 173 bangunan rumah di 23 desa, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Kamis sore (18/7/2024), rusak parah akibat hujan deras disertai angin kencang.

Dengan adanya bencana ini, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) langsung gerak cepat menyalurkan bantuan untuk para korban.

Bacaan Lainnya

Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K melalui Kasi Humas Iptu Bambang, mengatakan, bencana ini terjadi sekitar pukul 16.30 WIB. Hujan deras disertai angin kencang berlangsung selama kurang lebih dua jam, menyebabkan kerusakan signifikan pada bangunan rumah warga.

“Tim gabungan dari kepolisian, TNI, Pemerintah Aceh Utara, serta relawan setempat telah dikerahkan untuk membantu evakuasi dan pendataan kerusakan. Saat ini kami fokus pada evakuasi warga yang terdampak serta pendataan kerugian material,” kata Iptu Bambang.

Sementara itu, warga yang terdampak bencana ini di antaranya mengungsi ke rumah kerabat akibat atap rumah mereka dihempas angin dan sebagian diantaranya rusak karena tertima pohon yang roboh.

Berdasarkan data yang diperoleh spiritnews.co.id, dari 173 bangunan yang dilaporkan rusak dirincikan diantaranya yaitu 90 unit rumah, 6 unit toko, 3 cafe, 70 lapak pedagang (sayur/buah dan ikan) serta 4 unit kios.

Untuk membantu para korban bencana, PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan tanggap bencana kepada korban. Penyerahan bantuan masa panik langsung dilakukan Tim Satgas bencana BUMN PT PIM kepada Camat Tanah Luas Bachtiar, disaksikan Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Kav Makhyar danKabid Logistik BPBD Aceh Utara Saifullah serta Zaini dari Dinsos Aceh Utara.

Staf TJSL & Humas PT PIM, Dedi Ikhsan, bantuan tahap awal ini diberikan untuk korban yang berdampak musibah angin kencang di Tanah Luas yang diserahkan melalui Camat Tanah Luas, untuk selanjutnya didistribusikan ke warga.

Dikatakan, bantuan yang diserahkan itu berupa beras 20 sak ukuran 10 Kg, Telur 30 papan, Indomie 30 dus, Minyak Goreng, popok bayi, popok lansia, perlengkapan wanita dan terbal sebanyak dua unit.

“Kami dari Manajemen PT PIM turut prihatin dengan musibah ini,” kata Dedi.

Plt Camat Tanah Luas, Bachtiar, mengucapkan terima kasih kepada PT PIM dalam menanggapi musibah angin kencang. Bantuan yang telah diterima akan segera disalurkan kepada korban yang terdampak.

“Tentunya terlebih dahulu koordinasi dengan para Keuchik yang wilayahnya terdampak,” ungkapnya.(mah/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait