Mengenali Kabupaten Lamongan dari Makanan

  • Whatsapp

MENGINGAT SUATU suatu daerah, kota, atau negara tertentu paling mudah dengan sesuatu yang paling dekat dengan kita seperti makanan karena kita pasti di setiap kita pergi pengen banget mencoba makanan, cemilan, atau sekedar icip-icip rasa yang baru dari suatau kota, daerah, maupun negara yang sedang kita datangi.

Penulis : Haniffa Arfa Ladamay

Bacaan Lainnya

Mahasiswa Asal Perumahan Jetis Indah, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur

Kabupaten Lamongan berada di Provinsi Jawa Timur banyak orang yang sudah mengetahui bahwa Jawa Timur banyak makanan atau kuliner yang identic dengan makanan yang memiliki rasa asin dan pedas.

Makanan yang paling tersohor dari Lamongan adalah Soto Lamongan, dan Pecel Lele. Dua jenis kuliner ini mampu menjadikan nama Lamongan dapat diketahui oleh banyak orang diluar Jawa Timur.

Makanan sendiri mampu memiliki tempat Istimewa di hati dan pikiran semua orang simple nya seperti kita meneyebut Jogja pasti identik dengen makanan yang terkenal seperti gudeg, kopi areng, dan bakpia padahal makanan di jogja pasti masih banyak sekali kecuali makanan yang barusan saya sebutkan.

Makanan di Lamongan ada loh yang namanya Nasi Boran, Bandeng Presto & Otak-Otak Bandeng, Wingko, Tahu Campur, dan artis nya yaitu Soto Ayam Dan Pecel Lele.

Mari saya kenal kan beberapa makanan di Lamongan. Nasi boran merupakan makanan yang memiliki banyak pilihan lauk seperti : daging ayam, otak-otak, ikan bandeng, jeroan, sate uritan (bakal calon telur ayam),  ceker, krawu, empok, tahu, tempe ,suwiwi, telur asin, telur dadar, ikan sili  dll nanti diberi bumbu yang berwarna merah dan peyek.

Seporsi nasi boran berisi nasi, bumbu, rempeyek dan berbagai pilihan lauk yang dapat dipilih, hal yang membedakan nasi boran dengen yang lainnya yaitu adanya pletuk, ikan sili dan empok. Pletuk adalah nasi atau kacang yang dikeringkan yang dibumbui lalu digoreng, nama pletuk sendiri dicetuskan karena ketika kita mengunyah aka nada bunyinya.

Sedangkan empok adalah tepung terigu yang dibumbui lalu digoreng, sedangkan ikan sili merupakan jenis ikan musiman sehinga idak bisa ada setiap hari.

Nama dari nasi boran diambil dari nama tempat nasi yang terbuat dari anyaman bamdu dan cara membawanya yaitu dengan digendong menggunakan jarek gendong, nasinya dimasukkan ke boran sehingga diberi nama nasi boran. Nasi boran dapat ditemukan dengan mudah di Lamongan harga 1 bungkus dari nasi boran kurang lebih sekitar 10 ribu sampai 12 ribu saja.

Bandeng presto dan otak-otak bandeng adalah makanan yang sering djadikan buah tangan atau suguhan lauk ketika berkunjung ke rumah krabat. Bahan dasar dari makanan ini adalah ikan bandengn tetapi memiliki cara pengeolahan yang berbeda, kenapa ikan bandeng yang dipilih karena ikon dari lamongan adalah lele dan bandeng sudah pati jumlah ikan bandeng dan lele sangat berlimpah di Lamongan.

Proses pembuatan otak-otak bandeng yaitu isi ikan bandeng di keluarkan dengan perlahan kemudian daging ikan nya di bumbui dan di masukkan kembali ke dalam kulit bandeng di kukus sampai matang sempurna. Bandeng presto hampir sama prosesnya tetapi dengan bahan yang lebih simple.

Wingko memiliki rasa rasa yang manis dan teksturnya yang sedikit lengket bahawan dasar dari pembuatan wingko adalah kelapa dan gula yang di masak kemudian dicetak berbentuk bulat ada beberapa ukuran dan varian rasa wingko yang dapat di jadikan oleh-oleh khas lamongan.

Lanjut ke makanan tahu campur bahan utama yang ada di tahu campur yaitu daging sapi, kikil sapi, tahu goreng, perkedel singkong, toge, selada air, mi kuning, dan krupuk. Tahu campur makanan berkuah yang memiliki rasa sedikit pedas bagi pecinta makanan pedas tahu campur lebih enak jika di tambah sambal petis hitamnya.

Lontong balap nama unik tapi memiliki cita rasa yang nikmat, pecinta sayur khususnya kecambah atau teuge dijamin pasti suka karena makanan ini bahan utanya adalah lontong, tahu goreng, lentho, bawang goreng dan sayur tauge atau kecambah. Rasa kuah yang dimiliki dari lontong balap cenderung gurih dan manis ditambah sate kerang menambah kenikmatan lontong balap harga dari lontong balap sekitar 10-12 ribu rupiah.

Makanan berikutnya dalah soto ayam khas Lamongan, makanan yang dicintai sejuta umat dengan kuah kuning gurih yang segar dan ditambah dengan kondimen pelengkapnya yaitu daun seledri, pre, bihun, koya dan kol. 1 mangkuk soto ayam Lamongan dibandrol sekitar 10-13 ribu jika ditambah es teh hanya 15 ribu saja. Bahan soto Lamongan yang menambah cita rasanya adalah adanya tabahan ikan bandeng yang dihaluskan sehingga kuah soto ayam menjadi lebih gurih.

Pecel lele dikenal sebagai ciri khas dari kota lamongan, karena rata-rata masyarakat lamongan membudidayan ikan lele di tambak mereka sehingga ikan lele dan bandeng di lamongan cukup melimpah. Sambel terasi dan tomat adalah pilihan yang cocok untuk menemani pecel lele harga dari pecel lele dibandrol dari harga 10-13 ribu saja.(*)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait