Ini Manfaat JKN Dirasakan Warno Saat Operasi Saluran Kemih

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Warno (45), seorang warga Kecamatan Rengasdengklok Karawang, merupakan seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah merasakan langsung manfaat dari hadirnya Program JKN. Warno menceritakan bahwa dirinya telah merasakan manfaat hadirnya Program JKN saat dirinya menjalani operasi saluran kemih.

“Awalnya saya ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dimana saya terdaftar, kemudian dokter di sana mengarahkan saya agar dilakukan operasi karena kondisi pada saluran kemih saya itu sangat terasa nyeri dan membutuhkan tindakan medis lebih lanjut. Berkat dukungan dari keluarga dan tim medis akhirnya saya mengiyakan untuk dioperasi. Alhamdulillah seluruh tindakan operasi saya ini berjalan dengan lancar dan tidak ada iuran tambahan yang harus saya bayarkan,” kata Warno.

Bacaan Lainnya

Terdaftar sebagai peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) membuat dirinya merasa senang, karena iurannya per bulan sudah dibayarakan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang. Dengan pekerjaan sehari-harinya yang tidak memungkinnya dirinya untuk menyisihkan uang untuk menabung ini merasa bersyukur karena tidak perlu memikirkan membayar iuran kepesertaan JKN setiap bulan.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali dengan adanya Program JKN ini. Pekerjaan sehari-hari tidak selalu bisa pasti memberi saya kesempatan untuk menabung biaya kesehatan setiap bulannya. Oleh karenanya dengan adanya bantuan dari pemerintah ini saya sangat bersyukur sekali. Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya untuk bantuan yang telah diberikan. Kini saya bisa berobat ke puskes maupun ke rumah sakit tanpa khawatir lagi dengan biayanya,” katanya.

Beberapa waktu setelah menjalani operasi tersebut, Warno sudah dapat menjalani aktivitas sehari-harinya kembali dengan normal. Namun beberapa waktu belakangan, Warno kembali merasakan nyeri dan kembali memeriksakan dirinya.

Pekerjaan harian yang dijalani Warno cukup melelahkan sehingga memungkinkan banyak penyakit yang berdatangan, apalagi di usia yang sudah tidak muda lagi serta pola hidup juga tidak teratur memiliki jaminan kesehatan menurutnya adalah suatu kewajiban. Dengan telah terdaftar sebagai peserta JKN yang dibayarkan pemerintah itu dirinya merasa sangat terbantu.

“Dalam kondisi apapun kita harus selalu siaga dengan memiliki jaminan kesehatan yang aktif dan dapat digunakan kapan saja. Ketika saya operasi ginjal kemarin Alhamdulillah Program JKN yang menanggung semua biayanya. Tidak bisa dibayangkan jika saya harus membayar operasi tersebut dengan biaya sendiri. Sepertinya saya tidak akan sanggup jika harus menggunakan biaya pribadi,” jelasnya.

Warno pun menjelaskan bahwa selain untuk tindakan operasi, pelayanan medis lainnya pun dijamin oleh Program JKN. Obat-obat yang ia teriamsetelah menjalani tindakan operasi pun seluruhnya diberikan tanpa biaya tambahan berkat Program JKN.

“Itulah keuntungan memiliki jaminan kesehatan yang terpercaya. Semoga kedepannya BPJS Kesehatan selaku badan yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Program JKN ini dapat terus berkomitmen memberikan pelayan terbaik bagi peserta JKN. Pun demikian dengan rumah sakit yang bekerja sama, agar semakin meningkatkan pelayanannya sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Selain pelayanan pada fasilitas kesehatan, Warno pun mengapresiasi pelayan Program JKN pada kantor BPJS Kesehatan. Menurutnya pelayanan peserta di kantor BPJS Kesehatan sangat mudah, cepat, dan setara. Warno mengaku alur serta pelayanan yang dia dapatkan mulai dari security hingga pemberian informasi di loket juga sangat memuaskan.

“Saya harap pelayanan baik seperti ini dapat terus dipertahankan dan bahkan bisa berjalan ke arah yang lebih baik lagi. Tadi diinfokan juga oleh petugasnya bahwa kini sudah ada aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh oleh peserta JKN termasuk saya ya untuk mengetahu banyak informasi Program JKN. Ini sangat menarik sekali dan pastinya akan segera saya unduh nanti. Harus kita manfaatkan,” ucapnya.

Warno pun berharap agar Program JKN dapat terus berlanjut dan berkesinambungan untuk membatu masyarakan Indonesia dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang pasti.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait