Warga Ciampel Ini Akui Manfaat JKN-KIS

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Uum (34), seorang warga Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah merasakan langsung manfaat dari Program JKN. Wanita yang sehari-hari bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) ini memiliki beragam pengalaman anggota keluarganya ketika menggunakan kartu JKN untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Sebagai seorang pekerja, jaminan kesehatan saya beserta keluarga sudah didaftarkan oleh instansi tempat saya bekerja. Alhamdulillah dengan memiliki kartu JKN, seluruh proses pelayanan kesehatan yang dibutuhkan keluarga saya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Bukan hanya untuk saya, namun untuk suami dan utamanya anak-anak saya, kartu JKN ini sangatlah bermanfaat karena sifatnya yang mudah dan cepat dalam mendapatkan pelayan,” kata Uum.

Bacaan Lainnya

Uum bercerita bahwa dirinya telah memanfaatkan kartu kepesertaan JKN miliknya untuk menjalani tindakan persalinan putrinya melalui operasi caesar. Awalnya, dirinya mengira bisa melahirkan secara normal di bidan, namun karena kondisi kehamilan dan bayinya mengharuskan Uum untuk melakukan persalinan secara operasi caesar.

“Alhamdulillah semua proses persalinan berjalan dengan baik dan lancar. Dokter dan perawatnya ramah dan sangat sabar dalam membantu persalinan saya,” katanya.

Uum menjelaskan bahwa bukan hanya untuk biaya persalinannya saja, namun sejak awal kehamilannya Uum telah menggunakan kartu kepesertaan JKN, untuk kontrol kehamilan. Bukan hanya dirinya, Program JKN juga telah memberikan kemudahan dan manfaat bagi anak-anaknya menjalani pengobatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar.

“Namanya anak-anak masih usia sangat rentan dengan sakit-penyakit sering sekali dipakai kartu JKNnya untuk berobat. Alhamdulillah sejak pertama kali digunakan hingga kini, pelayanan Program JKN ini sangat memuaskan. Ditambah lagi seluruh biaya pengobatan layanan yang pernah kami dapatkan seluruhnya sudah ditanggung oleh Program JKN. Tidak terbayang jika saya harus membayar semuanya itu secara tunai, pasti akan sangat besar sekali dan belum tentu saya dan keluarga sanggup,” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang baik tersebut, membuat Uum pun segera mendaftarkan orang tuanya menjadi peserta JKN. Menurutnya, hal tersebut sangat penting karena orang tuanya kini sudah memasuki usia lanjut sehingga menurutnya harus memiliki jaminan kesehatan yang pasti.

“Namanya kita sebagai anak pasti kita ingin memberikan yang terbaik untuk orang tua. Saya yakin dengan program JKN ini, orang tua saya akan mendapatkan pelayanan yang baik, karena saya dan keluarga sudah merasakannya langsung. Kita memang tidak mengharapkan sakit, namun tetap saja memiliki jaminan kesehatan meruapakan suatu kewajiban. Dengan ikut kepesertaan JKN juga bisa membantu meringankan biaya namun tetap mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal,” kata Uum.

Uum pun menjelaskan bahwa menjadi peserta JKN juga harus aktif mencari informasi-informasi terbaru seputar Program JKN. Uum pun berharap Program JKN dapat terus berlangsung karena manfaatnya yang tidak terhitung, pun demikian dengan BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang dipercayakan oleh Presiden serta seluruh fasilitas Kesehatan yang bekerja sama harus senantiasa memberikan pelayanan terbaiknya bagi seluruh peserta JKN.

“Tidak ada yang sulit jika kita memahami prosedur pelayanan kesehatan pada Program JKN. Yang paling penting adalah jangan malu bertanya jika tidak tahu. Kita sebagai peserta juga harus aktif mencari tahu informasi penggunaan kartu JKN, dengan demikian segala prosesnya sangat mudah dan cepat, karena segala persyaratannya telah kita siapkan dan pahami,” ungkapnya.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait