KIP Aceh Utara Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pilkada 2024

  • Whatsapp

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten Aceh Utara menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk persiapan Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang, di halaman Kantor KIP setempat, Jum’at (25/10/2024).

Simulasi ini akan memberikan gambaran dan menjadi bahan evaluasi bagi penyelenggara pemilu sebelum pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara sebenarnya.

Bacaan Lainnya

Komisioner KIP Aceh Utara, Hidayatul Akbar,SH, mengatakan, simulasi ini bertujuan untuk mengukur efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemungutan suara. Kita ingin mengetahui tingkat akurasi petugas KPPS dalam mengadministrasikan hasil pemungutan suara.

Ia juga menekankan, bahwa simulasi ini penting untuk memastikan semua proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS nanti berjalan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Fokusnya adalah pada kelancaran alur pemungutan suara, pengisian formulir, serta penggunaan surat suara dan logistik lainnya.

“Saya berharap, melalui simulasi ini, PPK dan PPS dapat menerapkan hasil pelatihan secara optimal, terutama dalam memberikan bimbingan teknis kepada KPPS nantinya,” katanya.

Simulasi ini dihadiri Plh. Sekda Aceh Utara, Halidi,S.Sos,MM, Unsur Forkompimda Kabupaten Aceh Utara , Pimpinan DPRK, Komisioner KIP Kabupaten Aceh Utara serta  Calon Bupati Aceh Utara, Ismail A.Jalil (Ayah Wa), PPK se-kabupaten Aceh Utara.

Seperti halnya pelaksanaan pemungutan suara, petugas KPPS pun nampak memanggil nama-nama para pemilih yang telah ada di daftar pemilih tetap dengan membawa undangan mencoblos.(mah/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait