Tekan Inflasi dan Stabilkan Harga Sembako, Disperindag Aceh Utara gelar Operasi Pasar

  • Whatsapp

Kabupaten Aceh Utara, spiritnews.co.id – Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdaginkop dan UKM) menggelar pasar murah dibeberapa kecamatan.

“Operasi pasar murah untuk menekan angka inflasi sekaligus menjaga kestabilan harga sembako,” kata Plt Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Aceh Utara, Ir. Mirza Gunawan, ST, M.A.P melalui stafnya Azhari, Senin (28/10/2024), saat memantau operasi pasar di Kecamatan Baktiya.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, subsidi harga sembako dalam pasar murah tersebut antara lain, beras disubsidi Rp 5.000 per kilogram, gula Rp 5.000 per kilogram, minyak goreng Rp 5.000 per liter kemudian telur ayam disubsidi sebesar Rp 10.000 per papan.

“Kebutuhan bahan pokok yang harganya telah disubsidi di Pasar Murah ini maksudnya, terjadi bantingan harga jual antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000 dibanding harga jual di pasaran di atas harga rata-rata,” kata Mirza.

Menurutnya, tujuan digelarnya pasar murah untuk merespon situasi perekonomian daerah dan sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat. Terutama membantu warga kurang mampu agar dapat membeli sembako dengan harga yang terjangkau.

“Pasar murah ini juga bagian dari cara meningkatkan daya beli masyarakat dan mengurangi beban bagi masyarakat di Kabupaten Aceh Utara,” katanya.

Diakuinya, operasi pasar ini akan terus diadakan di lima titik lain yakni Nisam Antara, Matangkuli, Tanah Pasir, Seunuddon, Lhoksukon dalam kabupaten Aceh Utara.

Dengan kegiatan ini, kata Mirza, mudah-mudahan dapat mengurangi beban masyarakat apalagi dalam rangka hari besar Islam. Antusias masyarakat sangat tinggi dalam kegiatan pasar murah tersebut.

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara Dr. Drs. Mahyuzar, MSi menyampaikan apresiasi kepada Disperdagrinkop UKM yang telah mengadakan pasar murah ini. Melalui kegiatan operasi pasar ini setidaknya dapat mengurangi beban masyarakat, apalyang kemungkinan berpengaruh terhadap angka inflasi.

“Semoga kegiatan ini kita harapkan dapat berjalan dengan baik dan masyarakat nantinya dapat benar-benar terbantu dengan program pasar murah ini,” ungkapnya.(mah/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait