Berikan Pelayanan Prima, BPJS Kesehatan Sambangi Warga Pedesaan

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Untuk memudahkan peserta dalam mengakses layanan administrasi kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Karawang hadir langsung sambangi warga dari desa ke desa guna memberikan pelayan kepesertaan Program JKN langsung kepada masyarakat melalui Program BPJS Keliling. Kali ini BPJS Keliling hadir langsung memberikan pelayanan di Desa Dewisari, Kabupaten Karawang.

“BPJS Keliling merupakan pelayanan yang setiap hari dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Karawang dengan bergerak langsung mendatangi masyarakat. Kami berkeliling dari satu desa ke desa berbeda setiap harinya untuk memberikan pelayanan kepesertaan Program JKN. Melalui kanal ini, masyarakat dapat mengakses informasi dan pelayanan secara langsung pada saat itu juga. Jadi sangat efektif dan efisien bagi masyarakat,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Fahrurozi.

Bacaan Lainnya

Fahrurozi mengatakan, upaya menghadirkan pelayanan melalui BPJS Keliling ini juga sejalan dengan upaya transformasi mutu layanan yang digaungkan oleh BPJS Kesehatan. Transformasi mutu layanan ini mencakup layanan kepesertaan juga layanan pada fasilitas kesehatan.

Adapun jenis layanan administrasi peserta yang dapat diakses pada BPJS Keliling antara lain Pendaftaran Peserta/Keluarga Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU), Peralihan Data Peserta, Perubahan Data (nama, tanggal lahir, domisili, nomor handphone, email), Pendaftaran/Registrasi Aplikasi Mobile JKN, Pengaduan dan Informasi Peserta, REHAB (Rencana Pembayaran Bertahap).

“Sementara itu untuk syarat pelayanan administrasi peserta yang dapat diakses pada BPJS Keliling antara lain kartu peserta JKN, fotokopi Kartu Keluarga (KK) yang di tandatangani pejabat berwenang Dinas Kependudukan Kabupaten, fotokopi elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) bagi peserta berusia di atas 17 tahun, fotokopi buku rekening tabungan untuk masyarakat yang akan mendaftar peserta baru,” katanya.

Dirinya menambahkan, layanan yang dihadirkan BPJS Keliling ini bisa dimanfaatkan oleh peserta untuk mendapatkan informasi seputar kanal-kanal layanan yang dapat diakses oleh peserta secara digital sebagai bentuk transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan.

“Kini sudah banyak sekali inovasi kanal layanan digital yang dapat diakses oleh masyarakat yang menawarkan kemudahan baik dari segi waktu maupun biaya. Adapun salah satunya yaitu transformasi digital melalui Pelayanan Administrasi melaluiWwhatsapp (PANDAWA). Masyarakat hanya perlu mengirimkan pesan whatsapp seperti biasa ke nomor 08118165165 nanti sistem dan petugas akan langsung membalas dan memberitahukan langkah-langkah selanjutnya untuk dapat mengakses layanan. Selain itu ada juga Aplikasi Mobile JKN yang bisa memberikan banyak sekali manfaat bagi peserta JKN,” jelasnya.

Lebih lanjut Fahrurozi menjelaskan bahwa selain BPJS Keliling, BPJS Kesehatan Cabang Karawang juga berkolaborasi dengan kegiatan-kegiatan dari pemerintah daerah di wilayah kerjanya, seperti Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kabupaten Karawang juga kegiatan Gempungan di Kabupaten Purwakarta. Dengan demikian, Fahrurozi berharap pelayanan Program JKN di tengah masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat.

Di sisi lain, antusias warga Desa Amansari juga sangat besar terhadap hadirnya BPJS Keliling. Hal tersebut terlihat dari banyaknya warga yang hadir untuk mengakses layanan administrasi BPJS Kesehatan. Dede Rohayah (45), merupakan seorang warga Desa Amansari turut hadir dalam kegiatan BPJS Keliling saat itu. Menurut Dede, BPJS Keliling ini sangat membantu dirinya karena tidak harus pergi ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang.

“Kalau harus ke kantor kan juga butuh kendaraan dan ongkos kalau jauh ke kota. Ini tadi diinfo ada mobilnya BPJS Kesehatan datang, saya langsung siap-siapin data, mau urus ada data yang salah. Saya hanya punya Kartu JKN, jadi kalau sakit langsung bisa dipakai kartu JKNnya. Terima kasih BPJS Kesehatan sudah hadir di desa kami. Jangan bosan-bosan keliling-keliling agar bisa membantu masyarakat. Semoga pelayanan kedepannya semakin baik lagi,” ungkap Dede.(ybs/ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait