Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) senantiasa berkomitmen untuk terus menyediakan akses layanan kesehatan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Sebagaimana dialami Aan (55), warga Kopel, Kabupaten Karawang. Ia merasakan betapa besarnya manfaat yang diperoleh ketika menjadi peserta Program JKN. Ibu rumah tangga ini merupakan peserta JKN yang berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) sebagai tanggungan anak di perusahaan, tempat sang anak bekerja.
“Saya sedang menghadapi masalah kesehatan pada daerah kulit sehingga perlu kontrol rutin ke Poli Kulit & Kelamin setiap bulannya. Saya tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu harus berobat karena penyakit ini sering kambuh tiba-tiba. Berkat adanya BPJS Kesehatan yang menjamin biaya berobat membuat saya merasa tenang,” kata Aan saat ditemui di Karawang.
Diceritakan, dia dimasukkan ke dalam tanggungan anak di perusahaan. Dengan terdaftarnya sebagai peserta JKN, dirinya sangat bersyukur karena bisa terbantu dalam menjalani pengobatan dengan tenang.
“Alhamdulillah saya bersyukur sekali berkat adanya Program JKN, saya bisa terbantu, bisa berobat dengan baik dan tenang. Saya tidak bisa terbayang jika saya harus membayar sendiri, saya tidak mampu neng, saya cuma Ibu Rumah Tangga biasa. Terimakasih juga kepada perusahaan anak saya yang telah membantu membayar iuran saya, jadi saya ngga perlu khawatir lagi kalau sakit sepert ini,” katanya.
Di tengah penyakit Aan yang sering kambuh tiba-tiba, Aan selalu rutin memeriksakan kondisi kulitnya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat dirinya terdaftar. Menurutnya, pelayanan yang diterimanya saat menggunakan Program JKN sangat baik. Ia juga mengamati bahwa tidak ada perbedaan dalam layanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada pasien JKN maupun pasien umum.
Sejak pertama kali berobat hingga saat ini, Aan telah memanfaatkan Program JKN. Dia mengungkapkan bahwa program ini sangat membantunya dari segi finansial. Meskipun menggunakan JKN, Aan merasa hak-haknya sebagai pasien tetap dipenuhi secara optimal tanpa adanya diskriminasi. Sebagai pasien yang rutin berobat di Rumah Sakit Dewi Sri, dia tidak mengalami kendala berarti dalam pelayanan yang diberikan.
Menurutnya, selama dirawat tidak ada biaya seperserpun yang keluar bahkan untuk membeli obat pun tidak mengeluarkan biaya. Selama pemeriksaan di Rumah Sakit Dewi Sri, petugas melayani sangat ramah, semua obat yang diperlukan juga disediakan.
“Sejak saya didiagnosis dengan penyakit kulit, saya telah memanfaatkan Program JKN untuk perawatan dan pengobatan saya. Program ini benar-benar membantu saya dalam hal finansial, mengingat biaya perawatan penyakit kulit mungkin saja sangat mahal. Pelayanan yang saya terima melalui Program JKN sangat memuaskan. Meskipun saya menggunakan kartu JKN, saya tetap mendapatkan perawatan yang optimal dan hak-hak saya sebagai pasien tetap terpenuhi tanpa diskriminasi. Saya merasa sangat bersyukur dengan adanya program ini karena saya bisa fokus pada pemulihan tanpa perlu khawatir tentang biaya. Sebagai pasien yang rutin berobat di rumah sakit, saya merasa pelayanan yang diberikan sangat baik dan professional,” tegas Aan.
Aan juga menceritakan bahwa selain pelayanan yang didapatnya baik, juga tidak adanya diskriminasi. Selain itu, sekarang untuk berobat sangat terbantu sekali berkat adanya Aplikasi Mobile JKN menjadikan semua menjadi mudah pada saat pendaftaran antrean online. Sekarang semuanya sudah mengarah ke digitalisasi yang membuat lebih mudah dan cepat. Kita tidak perlu bolak-balik ke kantor BPJS Kesehatan jadi lebih hemat waktu dan biaya.
“Aan juga tidak lupa mengajak seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan diri beserta keluarganya menjadi peserta JKN. Saya mendapatkan perawatan yang optimal tanpa diskriminasi. Saya sangat menganjurkan semua orang untuk memanfaatkan Program JKN agar bisa merasakan manfaatnya juga,” ungkapnya.