Beaverton, spiritnews.co.id – Melalui IBN – Datavault AI Inc. (Nasdaq: DVLT), pemimpin dalam pengalaman, valuasi, dan monetisasi data AI, hari ini mengumumkan perluasan komersialisasi agen AI andalannya, DataScore® dan DataValue® yang dibangun dengan IBM watsonx.ai.
IBM juga berkomitmen menyumbangkan bakat teknik AI dan keahlian teknis mendalam selama beberapa tahun untuk membantu Datavault memperluas dan mempercepat dampak penawarannya bagi klien. Integrasi ini dirancang untuk membantu pelanggan menyederhanakan pemodelan keuangan perusahaan, penilaian risiko, dan strategi penetapan harga secara menyeluruh di lingkungan sistem lokal di perusahaan, cloud, dan hibrida.
Datavault AI adalah mitra Platinum dalam program Partner Plus IBM, dengan rencana untuk berkolaborasi dalam penerapan, pengujian, dan pengembangan guna membantu mempercepat adopsi AI di berbagai industri utama termasuk keuangan, perawatan kesehatan, olahraga, hiburan, dan pemerintahan.
Sebagai Mitra Platinum IBM, Datavault AI akan berkolaborasi dengan tenaga penjualan dan jaringan mitra IBM untuk mempercepat keterlibatan pelanggan Datavault serta penerimaan solusi mereka.
CEO Datavault AI, Nathaniel Bradley, mengatakan, pihaknya yakin ini merupakan titik balik strategis bagi Datavault AI dan menandai tonggak pencapaian penting dalam peta jalan komersialisasi skala perusahaan. Dengan mengintegrasikan IBM Watsonx pada tingkat teknis dan berkolaborasi secara erat dengan IBM, kami berada pada posisi yang tepat untuk mengembangkan platform monetisasi data kami ke skala global.
“Kolaborasi ini semakin diperkuat dengan IBM yang menyediakan tenaga ahli AI khusus dan keahlian pengembangan guna mempercepat pemanfaatan teknologi watsonx dalam produk DataScore dan DataValue,” kata Nathaniel.
Kepala Kemitraan AI Amerika di IBM, Biz Dziarmaga, mengatakan, dengan menghadirkan sumber daya untuk mendukung misi Datavault akan membantu mendorong monetisasi data yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan dalam semua ukuran. Memanfaatkan platform IBM dengan inovasi Datavault menghadirkan proposisi nilai yang menarik bagi pelanggan di seluruh dunia.
“Perusahaan semakin berupaya mencari sumber pendapatan baru, dan platform berbasis AI kami dengan Datavault AI membantu membuka peluang memanfaatkan monetisasi data sebagai sumber penghasilan yang skalabel,” kata Biz.
Menurut McKinsey & Company, AI generatif diperkirakan dapat menambah nilai ekonomi antara $2,6 triliun hingga $4,4 triliun setiap tahunnya1 melalui berbagai aplikasi bisnis utama, menjadikan otomatisasi berbasis AI sebagai salah satu bidang investasi teknologi perusahaan yang paling signifikan.
Datavault AI telah mengembangkan ekosistem terpadu yang sepenuhnya didukung oleh AI, yang dirancang untuk membantu organisasi memonetisasi aset data mereka melalui tiga agen AI andalannya:
Data Vault Bank®: Mesin AI yang didukung Web 3.0 yang akan mengubah data perusahaan menjadi aset terstruktur dan dapat diperdagangkan. Saat ini tengah dikembangkan bersama dengan IBM dan diharapkan akan dirilis pada Oktober 2025.
DataScore®: Alat bantu penilaian dan analisis risiko berbasis AI yang telah dipatenkan, yang berfungsi untuk menilai kualitas data sekaligus memastikan kepatuhan terhadap GDPR, CCPA, dan standar peraturan lainnya.
DataValue®: Mesin penetapan harga berbasis AI yang telah dipatenkan, yang memberikan valuasi keuangan dalam dunia nyata pada data perusahaan, sehingga menciptakan peluang likuiditas dan perdagangan baru.
Selain itu, platform Web 3.0 Data Vault yang dipatenkan oleh Datavault AI disempurnakan dengan integrasinya yang lengkap, sehingga memungkinkan monetisasi data yang aman, patuh regulasi, dan kemampuan skalabilitas tinggi di seluruh industri. Platform ini terus berkembang seiring dengan kemajuan dalam pengindeksan data, persepsi, dan kemampuan monetisasi.(rls/red/ops/sir)