Disporaparbud Purwakarta Imbau Objek Wisata Kerja Sama dengan Asuransi

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kabupaten Purwakarta, spiritnews.co.id – Untuk memberikan kenyamanan serta rasa aman, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Parawisata dan Kebudayaan (Kadis Disporaparbud), Agus Hasan Saepudin menyarankan agar semua pengelola objek wisata di Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan asuransi sebagai bentuk memberikan perlindungan.

Apalagi menurutnya bukan tidak mungkin pengunjung mengalami hal di luar dugaan selama berada di objek wisata tersebut.

Bacaan Lainnya

“Sudah kami sampaikan kepada mereka agar bekerjasama dengan asuransi,” kata Agus, Senin (17/6/2019) di Purwakarta.

Apalagi, menurutnya, setiap pengelola wisata wajib hukumnya menjamin keselamatan para pengunjung sehingga bekerjasama dengan asuransi salah satu solusi yang harus ditempuh bagi para pengelola objek wisata jika terjadi hal di luar dugaan, disamping menyediakan petugas pengawasan bersertifikat.

Adapun adanya insiden dua pengunjung yang meninggal dunia di objek wisata di Kecamatan Darangdan beberapa waktu lalu, pihak pengelola diduga lalai dalam menjaga keselamatan pengunjung.

Harusnya minimal ada dua atau tiga orang pengawas di kolam renang itu. Sehingga jika ada pengunjung yang memerlukan bantuan dapat segera tertolong.

“Belajar dari pengalaman itu, kami sarankan kembali untuk semua objek wisata agar bekerjasama dengan pihak asuransi dan juga menyediakan petugas keselamatan,” ujarnya.

Meski telah disarankan namun Agus Hasan menyebut berdasarkan catatan Disporaparbud belum ada satu pun objek wisata di Kabupaten Purwakarta yang bekerja sama dengan asuransi.

Sehingga pihaknya sangat menyayangkan atas kondisi tersebut. “Belum ada, tapi mudah-mudahan diluar pengetahuan kami mereka telah melakukan apa yang kami sarankan,” ungkapnya.(rls/sir)

Pos terkait