Persiapan Dunia Industri, Lulusan SMA/SMK Subang Kuliah di Taiwan

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Subang akan kembali memberangkatkan lulusan SMA/SMK ke Taiwan, untuk mengikuti program pendidikan di perguruan tinggi selama lima tahun di negara tersebut.

Kabupaten Subang SpiritNews-Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Subang akan kembali memberangkatkan lulusan SMA/SMK ke Taiwan, untuk mengikuti program pendidikan di perguruan tinggi selama lima tahun di negara tersebut. Sebelumnya, sebanyak 200 lulusan SMA/SMK telah diberangkatkan pada gelombang pertama beberapa bulan lalu.

Keberangkat para lulusan SMA/SMK di Kabupaten Subang ke Negara Taiwan tersebut, merupakan hasil program kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. Dimana program pendidikan perguruan tinggi tersebut gratis, namun para peserta tetap mengeluarkan dana sendiri Rp 1,5 hingga 3 juta untuk pengurusan sejumlah dokumen administrasi yang dibutuhkan.

Bacaan Lainnya

“Kami telah memberangkat pelajar sebanyak 200 orang, (mereka, red) akan belajar di perguruan tinggi terkemuka di Negara Taiwan selama lima tahun,” ujar Mr. Tian Tan, perwakilan Negara Taiwan usai bertemu dengan Ketua DPRD Subang, Ir. Beni Rudiono, Rabu (10/10/2018).

Baca Juga: Era Disrupsi Industri 4.0, Investasi di Indonesia Menguntungkan

Dijelaskan, para mahasiswa asal Kabupaten Subang akan belajar selama lima tahun di Taiwan dengan berbagai jurusan. Namun diutamakan untuk jurusan elektonik dan industri, karena nantinya para mahasiswa yang lulusan perguruan tinggi di sana akan bekerja di perusahaan milik investor asal Taiwan yang akan mendirikan industri di Kabupaten Subang.

“Kuliah di sana memang gratis, akan tetapi mereka yang menuntut ilmu di sana jelas harus megunakan uang, untuk keperluan mereka seperti administrasi mengurus visa. Mereka akan menetap di sana selama lima tahun, dan tidak boleh sambil bekerja karena harus fokus belajar,” jelas Mr. Tian Tan.

Berita Lain: Kemnaker Sosialisasikan Hubungan Industrial kepada SMK dan Perguruan Tinggi

Sementara itu, pemantau pendidikan dan kebudayaan Ustad Atep Said sangat mendukung program beasiswa dari Negara Taiwan melalui Kemendikbud RI. “Program ini sangat bagus, dan kami mendukung pemberangkatan pelajar asal Subang yang akan kuliah di Negara Taiwan selama lima tahun,” katanya.(bus)

Pos terkait