PT Pupuk Kujang Raih Penghargaan Platinum dan Gold di Konvensi Mutu Nasional

  • Whatsapp
Penganugrahan penghargaan
Penganugrahan penghargaan

Kabupaten Karawang, SpiritNews-PT Pupuk Kujang kembali meraih penghargaan kategori Platinum dan dua kategori Emas di ajang konvensi mutu nasional Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) XXI dan International Quality & Produktivity Convention 2017 (IQPC) di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 27-30 November 2017.

Superintenden Eksternal dan Komunkasi Perusahaan, PT Pupuk Kujang, Indra Gunawan, mengatakan, penghargaan di bidang inovasi dan mutu ini merupakan prestasi yang terus dipertahankan PT Pupuk Kujang dalam penerapan manajemen mutu dan produktivitas sejak tahun 1983.

“TKMPN & IQPC merupakan ajang eksibisi/presentasi keberhasilan perusahaan dalam mengelola mutu dan produktivitas yang diikuti oleh berbagai perusahaan dengan diberbagai bidang usaha. TKMPN XXI & IQPC 2017 diselenggarakan oleh Wahana Kendali Mutu (WKM) dan Asosiasi Manajemen Mutu & Produktivitas Indonesia (AMMPI) yang didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia,” kata Igun, sapaan akrab Indra Gunawan dalam press rilis yang diterima redaksi SpiritNews, Kamis (30/1/2017).

Pada penyelenggaraan TKMPN XXI & IQPC 2017 yang dilaksanakan di Hotel Kyriad Bumiminang Padang, Sumatera Barat ini, kata Igun, diikuti oleh 2.160 orang peserta dengan 1.224 orang peserta mewakili perusahaan-perusahaan dalam negeri BUMN maupun swasta, sebanyak 588 orang peserta diikuti dari dinas kesehatan. Selain itu peserta dari  luar negeri sebanyak 229 orang seperti Malaysia, Thailand dan Singapur.

PT Pupuk Kujang mengirimkan tiga tim, tambah Indra, dengan jumlah 22 orang karyawan yang diberangkatkan ke Padang. Dua tim mengikuti presentasi di tingkat nasional yaitu GKM Embun Pagi dan GKM Riksa, satu tim PKM Saungku tampil pada presentasi di tingkat internasional. Penghargaan kategori PLATINUM diraih oleh GKM Embun Pagi dan kategori GOLD diraih oleh PKM Saungku dan GKM Riksa, serta juara ke-4 cepat tepat mutu dari 187 peserta yang mewakili perusahaan baik BUMN maupun swasta.

Dikatakan, seperti PKM Saungku mempresentasikan keberhasilan unit riset PT Pupuk Kujang dalam menghasilkan produk pupuk cair bion up yang bermutu dan baik untuk pertumbuhan tanaman serta memiliki keunggulan dibanding produk-produk pupuk hayati lainnya.

“GkM Embun Pagi dan GKM Riksa mempresentasikan keberhasilan inovasi dibidang operasional pabrik sehingga keandalan pabrik terjaga dan lebih efisien,” ujarnya.

Menurutnya, PT Pupuk Kujang mengikutsertakan tim inovasinya bukan sekedar ikut partisipasi di ajang nasional maupun internasional, tetapi juga memberikan motivasi dan penghargaan kepada karyawan atas kerja keras dan loyalitasnya kepada perusahaan yang telah kreatif dan berinovasi melakukan improvemen untuk kemajuan perusahaan.

“Prestasi dan penghargaan ini akan menjadi pendorong bagi seluruh karyawan untuk selalu berinovasi dalam memecahkan permasalahan di unit kerjanya, sehingga visi, misi dan target perusahaan dapat tercapai,” ucapnya.

Dengan prestasi di bidang manajemen mutu ini, ia berharap akan meningkatkan pengelolaan mutu dan produktivitas di perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan pelayanan pelanggan.(moy)

Pos terkait