192 PPL di Purwakarta Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2018

  • Whatsapp

Kabupaten Purwakarta, SpiritNews-Sebanyak 192 Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) resmi dilantik di Hotel Grand Situ Buleud Purwakarta, Rabu (17/1/2018). Mereka yang siap bertugas memantau proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar serentak Juni 2018 mendatang, baik Pilgub Jabar mapun Pilbup Purwakarta.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh 17 Ketua Komisioner Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang membacakan surat keputusan nama dan jumlah petugas PPL di masing-masing kecamatan. Diketahui, wilayah Kabupaten Purwakarta meliputi 17 kecamatan, 183 desa dan 9 kelurahan.

Bacaan Lainnya

Ketua Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Oyang Este Binos menjelaskan, PPL adalah petugas pengawas pemilu di tingkat desa atau kelurahan yang bertugas mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan rekapitulasi hasil penghitungan suara di PPS.

“PPL juga mengawasi penyampaian kotak suara surat suara dari TPS ke PPS dan menerima laporan dugaan pelanggaran pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS,”kata Oyang kepada SpiritNews (17/1/2018).
Adapun terkait temuan dugaan pelanggaran yang terjadi dilapangan, PPL meneruskan temuannya tersebut kepada Panwascam setempat. Lalu meyampaikan temuan dan laporan kepada KPPS untuk ditindaklanjuti.

“Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, petugas PPL tidak boleh bersikap diskriminatif,dan harus selalu berpedoman pada undang undang terkait seperti yang telah di tetapkan,”tegasnya.(reg)

Pos terkait