Jakarta, SpiritNews-Emiten produsen dan distributor bahan bangunan dan plastik, PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) berencana membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya sebesar Rp38,67 miliar.
Direktur Utama IMPC, Haryanto Tjiptodihardjo mengatakan, dividen yang diberikan setara dengan Rp8 per saham atau jika ditotal mencapai Rp38,67 miliar. Dividen tersebut berasal dari laba bersih perseroan sepanjang 2017 yang mencapai Rp87,26 miliar.
“Pembagian dividen sebesar Rp38,67 miliar ini telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan,” kata Haryanto dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Senin (30/4/2018).
Sedangkan sisa dari laba bersih tahun 2017 yang mencapai Rp48,59 miliar, menurut dia, akan dimasukan dan dibukukan sebagai saldo laba untuk menambah modal kerja perseroan. Sisa laba bersih juga digunakan untuk pengembangan serta ekspasi usaha IMPC ke depan.
Sepanjang tahun ini, perseroan membidik penjualan sebesar Rp1,4 triliun atau tumbuh 19% dibandingkan tahun 2017. Sementara itu, laba kotor dan laba bersih diproyeksi masing-masing mengalami pertumbuhan sebesar 33% dan 8%.
“Bisnis utama menjadi penyumbang terbesar yaitu 96% bertumbuh 18% dari tahun 2017, distribusi 57%, manufaktur 39%. Roofing penyumbang terbesar 73% disusul oleh facade 15% bertumbuh dari tahun 2017 masing-masing sebesar 16% dan 17%,” paparnya.
Di tahun 2018, menurut dia, perseroan memprediksi berbagai tantangan dan peluang, diantaranya kondisi perekonomian makro yang belum terlalu
stabil dan juga daya beli konsumen yang belum banyak membaik karena kurs dolar yang makin meninggi ke arah Rp14.000. Serta beberapa bahan baku produk utama yang mengalami shortage yang dapat menghambat pertumbuhan penjualan.
Beberapa strategi-strategi untuk mencapai target di tahun 2018, yaitu melalui peningkatan volume penjualan di bidang distribusi ritel dengan mencari agen-agen untuk produk-produk utama, minimal 10 kota baru guna mendongkrak penjualan ritel dan menambah spreading jalur distribusi IMPC.
“Di segmen divisi proyek, kami juga terus mencari perwakilan distributor sebanyak minimal 10 provinsi baru dengan harapan mendongkrak penjualan secara signifikan. Dan program-program campaign tetap kami lakukan secara rutin, baik di segmen ritel maupun segmen proyek,” tutupnya.
(SpiritNews)