Kemacetan Lalin di Jakarta akan Berubah Selama Ramadhan

  • Whatsapp
Ilustrasi: kemacetan lalu lintas
Ilustrasi: kemacetan lalu lintas

Jakarta, SpiritNews-Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mencatat akan ada perubahan jam kemacetan selama Ramadhan ini.
Hal tersebut dikerenakan adanya pergeseran waktu masuk dan pulang kerja yang lebih cepat satu jam dari biasanya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusuf mengatakan, biasanya kemacetan terjadi pada jam menjelang buka puasa, mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. “Kami harap pukul 19.30 WIB, jalanan sudah mulai lancar,” kata Yusuf kepada wartawan Kamis (17/5/2018).

Menurut Yusuf, pada Minggu pertama puasa, kemacetan diperkirakan akan parah mejelang buka puasa, biasanya terjadi karena sebagian besar orang ingin berbuka dengan keluarga di rumah.
Untuk mengantisipasi kemacetan tersebut, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah personel untuk mengatur lalu lintas.

Sementara itu, kemacetan juga akan terjadi di beberapa masjid yang diperkirakan akan menjadi pusat aktivitas masyarakat selama Ramadhan.

Seperti Masjid Istiqlal, Masjid Cut Mutia, Masjid Sunda Kelapa, dan beberapa masjid lainnya ini akan disiapkan personel untuk mengatur lalu linta.

Yusuf melanjutkan, ada empat fase perubahan kemacetan saat Ramadan, yakni minggu pertama jalan-jalan akan dipadati oleh para masyarakat untuk pulang lebih awal.

Sementara minggu kedua, jalanan akan dipadati masyarakat menuju restoran atau tempat makan untuk buka puasa bersama.

Pada minggu ketiga, akan terjadi kemacetan di pusat-pusat perbelanjaan karena mendekati Lebaran.”Kalau minggu terakhir tentunya kepadatan akan terjadi di stasiun, terminal dan bandara,” tuturnya.

Dia melihat, pola ini akan sama setiap tahun, jadi pihaknya sudah melakukan antisipasi-antisipasi untuk meredam kemacetan tersebut.

Selain menambah personel dan menempatkannya petugas pada titik-titik kemacetan tersebut, pihaknya mengimbau kepada pusat perbelanjaan untuk tidak membiarkan parkir liar beroperasi dan imbauan khusus kepada pengendara untuk bisa lebih tertib dan teratur dalam berkendara.

Kasubdit BinGakum Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menegaskan, personel juga disiapkan untuk membuka simpul-simpul kemacetan yang terjadi. “Kita sudah siapkan tim.pengurai kemacetan,” ujarnya. Selain itu, tim patroli khusus yang bertugas pada malam hari juga disiapkan untuk mengantisipasi balap liar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menegaskan, pihaknya juga telah meminta pimpinan Polsek dan Polres untuk melakukan pemantauan terhadap lokasi rawan balap liar. dalam melakukan razia pihaknya selalu mengambil tindakan tegas juga diberlakukan. Banyak dari mereka yang justru sepeda motornya disita karena tidak memiliki kelengapan surat dan lainnya.(SpiritNews)

Pos terkait