Belajar dari Finlandia, Purwakarta Terapkan ‘Happiness Curriculum’ pada Proses Pendidikan

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menerima kunjungan Finland University di Bale Nagri Purwakarta, Jumat (9/11/2018).

Kabupaten Purwakarta, SpiritNews-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan meningkatkan pola pendidikan yang sudah berjalan di Kabupaten Purwakarta. Peningkatan tersebut dengan mempelajari sistem pendidikan yang diterapkan di Finlandia, melalui Finland University. Sebelumnya, Finland University telah menjalin kerjasama dengan Yayasan Pendidikan Mutiara Insani Purwakarta, sebagai proyek percontohan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengungkapkan, demi meningkatkan kualitas pendidikan di Purwakarta, ia akan belajar serta membuat sinergi kurikulum pendidikan di Purwakarta dengan kurikulum yang diterapkan di Finlandia.

Bacaan Lainnya

“Kita akan mempelajari sebagian kurikulum yang diterapkan di sana (Finlandia). Selain itu, kita akan menggandeng Yayasan Mutiara Insani sebagai contoh, karena mereka telah menerapkan kurikulum yang ada di Finlandia pada proses belajar mengajarnya,” ujar Anne di sela kunjungan Finland University di Bale Nagri Purwakarta, Jumat (9/11/2018).

Perempuan yang biasa disapa Ambu Anne ini menuturkan, saat ini Finlandia merupakan yang terbaik di dunia pada bidang pendidikan. “Selain itu sistem pendidikan yang diterapkan di sana menampilkan kebahagiaan, tidak membuat siswa terbebani karena padatnya kegiatan belajar. Tidak ada yang salah pada sistem pendidikan di sini, tapi tidak salah juga kalau kita belajar pada yang terbaik saat ini,” katanya.

Baca Juga: Implementasikan Pendidikan Berkarakter, Pelajar SD di Purwakarta Gelar Festival Kuliner

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto mengatakan, untuk memajukan pendidikan harus meningkatkan kualitas dan mutu pengajar. Diantaranya dengan mempelajari sistem yang diajarkan guru di Finlandia.

“Kualitas proses belajar mengajar sangat mempengaruhi generasi muda di Indonesia. Jadi kalau ingin memajukan pendidikan, yang harus di tingkatkan itu mutu pembelajaran. Nah untuk meningkatkan mutu pembelajaran, harus terlebih dahulu kualitas gurunya,” katanya.

Ia menambahkan, pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan guru termasuk sharing ilmu dengan para pendidik di Purwakarta. “Saat ini ada 40 guru, diambil dari masing-masing kecamatan di Purwakarta yang mengikuti pelatihan bersama Finland University. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan guru, cara pandang terhadap anak didik, kurikulum, metodologi pembelajaran harus baik dan sempurna, sehingga didatangkan dari Finland untuk mengasah mereka,” jelasnya.

Berita Lain: Potret Buram Pendidikan di Karawang, Siswa Belajar di Lantai, Dua Ruang Kelas Nyaris Ambruk

Ia berharap, ke 40 guru yang mengikuti pelatihan bisa menjadi agen perubahan bagi guru-guru lainnya yang ada di Purwakarta. “Diharapkan mampu menjadi bekal para guru di Purwakarta ke depan, dalam menerapkan pengajaran kepada siswa di sekolah,” ujarnya.(rls/SpiritNews)

Pos terkait