Presiden Jokowi Ingin Rencana Pembangunan Pabrik Khusus untuk Kaum Disabilitas Segera Terealisasi

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 yang digelar pada Senin (3/12/2018) kemarin di Sumareccon Mall Bekasi, menjadi satu momentum penting bagi Kota Bekasi dengan kedatangan Presiden Jokowi yang hadir bersama sejumlah menteri, yakni Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pramono Anung, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri.

Kota Bekasi, SpiritNews-Presiden Joko Widodo (Jokowi) intruksikan Menteri Sosial (Mensos) Agus Gumiwang Kartasasmita, untuk segera merealisasikan rencana pembangunan pabrik bagi penyandang disabilitas. Pabrik tersebut nantinya akan dijadikan wadah untuk menumbuh kembangkan kreativitas dan inovasi kaum disabilitas.

“Kalau tidak salah ingat, empat tahun lalu saya dapat usulan untuk membuat pabrik disabilitas. Akan tetapi saya tunggu katanya mau carikan tanahnya, sampai sekarang engga ada. Sekarang ini saya perintahkan Pak Mensos untuk segera menyelesaikan, segera kita bangun pabrik untuk saudara-saudara disabilitas,” ujar Jokowi.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 yang digelar pada Senin (3/12/2018) kemarin di Sumareccon Mall Bekasi, menjadi satu momentum penting bagi Kota Bekasi dengan kedatangan Presiden Jokowi yang hadir bersama sejumlah menteri, yakni Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pramono Anung, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi disambut langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, dan Wakil Walikota Bekasi Tri Adhianto, serta segenap warga yang menghadiri acara tersebut. Dalam kegiatan itu, dipamerkan juga hasil kreatifitas para disabilitas di sejumlah stand yang ikut meramaikan acara.

Baca Juga: Menaker Minta Perusahaan Perbanyak Tenaga Kerja Disabilitas

Jokowi mengaku sangat terharu dan bangga atas beragam pencapaian yang diperoleh kaum disabilitas. Menurutnya, di tengah keterbatasan mereka mampu mempersembahkan sesuatu yang luar biasa untuk Indonesia.

“Kalau kita perhatikan ajang Asian Para Games kemarin, dari sisi prestasi atlet kita berhasil meraih 37 emas dan masuk peringkat lima. Sebelumnnya kita peringkat sembilan, dengan sembilan medali emas. Ini luar biasa,” ungkapnya.

Dikatakan, sejumlah figur disabilitas Indonesia juga telah mampu membuka mata dunia dengan kemampuannya. Seperti Rismawati Utami, dia berhasil menjadi warga negara Indonesia pertama yang dipilih menjadi anggota komite penyandang hak disabilitas.

Berita Lain: Penghargaan bagi Karyawan di Hari Disabilitas Internasional

“Mereka adalah sumber inspirasi bagi kita semua masyarakat Indonesia. Itu bisa terjadi karena semangat juang, juga kreativitasnya. Mari selalu percaya diri dan bekerja kerasa,” pungkasnya.(sam)

Pos terkait