Setelah 60 Tahun Direncanakan, Masayarakat Kini Bisa Menikmati Jalan Aspal

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar meninjau pembangunan jalan yang menghubungkan Kecamatan Celala dengan Kecamatan Rusip Antara melalui Paya Kolak-Pilar sepanjang 8,2 kilometer.

Kabupaten Aceh Tengah, SpiritNews-Setelah penantian panjang selama 60 tahun, akhirnya Jalan Totor Uyet-Tapak Moge bisa tersentuh aspal. Di tengah keterbatasan anggaran yang sering jadi alasan klise, program pembangunan tersebut jadi bukti pemerintah daerah punya skala prioritas untuk dikerjakan.

Jalan Totor Uyet-Tapak Moge sudah dirintis sejak tahun 1958 atau 60 tahun lalu. Menurut Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, jalan tersebut sangat strategis untuk diprioritaskan. Karena dapat memperpendek jarak tempuh masyarakat di antara dua kawasan yang terhubung.

Bacaan Lainnya

Ruas jalur tersebut semakin menambah alternatif jalan yang sudah ada selama ini. “Diantara ruas Jalan Totor Uyet-Tapak Moge, terdapat perkebunan masyarakat, sehingga dengan jalan yang semakin baik memudahkan aktivitas ekonomi rakyat,” ungkap Shabela.

Selain Jalan Jalan Totor Uyet-Tapak Moge, ada juga jalan penghubung Celala-Rusip yang dibangun. Ruas jalan yang dibangun tersebut menghubungkan Kecamatan Celala dengan Kecamatan Rusip Antara melalui Paya Kolak-Pilar sepanjang 8,2 kilometer.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Jalan Tol Aceh

Dari total panjang jaur tersebut, tahun 2018 sudah diaspal hotmix sepanjang 3,5 kilometer, ditambah aspal lapen sepanjang 2,7 kilometer. “Dari total panjang jalan yang ada sekarang sisa 2 kilometer lagi yang masih jalan tanah, ini juga segera kita tingkatkan,” kata Shabela.

Melalui akses jalan yang semakin baik, akan memudahkan distribusi barang dan orang yang selama ini ditempuh dengan jarak yang sangat jauh.

Kepala Dinas PUPR Aceh Tengah, Subhandhy menyebutkan, Jalan Totor Uyet-Tapak Moge yang diaspal hotmix tersebut memiliki panjang total 7 kilometer dengan lebar 4 meter.

“Jika selama ini masyarakat yang hendak ke Tapak Moge dan sekitarnya menempuh jalan melingkar melalui Bukit Menjangan sepanjang 17 kilometer, dengan selesainya jalan ini maka telah menghemat jarak tempuh sejauh 7 kilometer,” kata Subhandhy.

Berita Lain: Pembangunan Infrastruktur Masih Jadi Fokus Utama Pemkab Subang di 2019

Sementara itu, jalan penghubung Celala-Rusip yang ditempuh saat ini satu satunya melalui jalur Rusip-Genting Gerbang-Blang Kekumur-Berawang Gading, sepanjang 18 kilometer. “Jika jalan Paya Kolak-Pilar Tuntas maka akan menghemat 10 kilometer,” ujar Subhandhy.(mah)

Pos terkait