Opi Penderita Tumor Kaki Ini Akhirnya Bersedia Diamputasi

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Saat dijenguk Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari atau yang akrab disapa Kang Jimmy pada 23 Agustus 2019 lalu, Opi Setiawan (54), penyandang disabilitas dan penderita tumor di bagian kaki asal Kampung Kepuh Tengah RT 001/045, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat, sempat menolak untuk diamputasi.

Namun, kini Opi sudah bersedia untuk diamputasi dan dirujuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Opi merupakan disabilitas yang sudah kehilangan kedua tangannya akibat kecelakaan kerja pada tahun 1986. Kini Opi mengalami tumor di bagian kaki yang menggerogoti semua jari kakinya.

Bacaan Lainnya

Saat itu, Opi ingin ditengok Kang Jimmy hanya untuk meminta modal usaha, agar kebutuhan keluarganya sehari-hari tetap bisa terpenuhi dengan cara berdagang kecil-kecilan.

Namun dalam perjalanannya, para aktivis sosial kemasyarakatan Karawang yang terus mendampingi pengobatan Kang Opi mulai kebingungan. Pasalnya, dalam jangka satu minggu biaya obat Kang Opi mencapai Rp 7 juta.

Secara pelan-pelan setelah diberikan pemahaman, akhirnya Kang Opi mengaku bersedia untuk diamputasi. Kang Opi dipertemukan dengan komunitas atau organisasi Sedekah Rombongan (SR) yang mengurus langsung proses penyembuhan Kang Opi untuk diamputasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Hingga Minggu (8/9/2019) siang, Kang Opi diberangkatkan ke Rumah Singgah Sedekah Rombongan (RSSR) di Bandung dengan ambulance, sambil menunggu proses aplikasi Rumah Sakit Hasan Sadikin selesai.

“Alhamdulillah kang, akhirnya Kang Opi bersedia untuk diamputasi. Alhamdulillah juga kita dipertemukan dengan Sedekah Rombongan yang mau bantu proses amputasi Kang Opi sampai selesai. Kang Opi diberangkatkan minggu siang kemarin. Sekarang posisinya ada di rumah singgah, sambil nunggu proses aplikasi rumah sakit selesai,” tutur Putra Sopian, aktivis sosial dari komunitas ‘I Love Karawang’ yang selama ini mendampingi Kang Opi, Senin (9/9/2019).

Menurut Putra, Sedekah Rombongan ini sebenarnya merupakan komunitas atau organisasi yang sudah ada di seluruh perwakilan kabupaten/kota. Namun keberadaannya di Karawang selama ini belum terpublikasikan, sehingga belum banyak dikenal masyarakat.

“Katanya ada di seluruh perwakilan kabupaten/kota kang. Saya juga tahu Sedekah Rombongan baru-baru ini. Fasilitas mereka lengkap, dari ambulance sampai rumah singgah mereka punya. Alhamdulillah, untuk Kang Opi juga semuanya mereka yang urus secara gratis. Bahkan katanya, kemarin yang tumor di Pakisjaya juga mereka (Sedekah Rombongan) yang mengurus,” katanya.

Namun yang sedikit disayangkan, sambung Putra, ia sendiri mengaku menyesalkan sikap PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) yang terkesan kurang mendukung proses penyembuhan Kang Opi untuk amputasi ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Padahal dari awal, pihak kelurahan siap membantu proses penyembuhan Kang Opi.

“Saat kita coba berikan motivasi kepada Kang Opi, mereka (PSM, red) malah sempat bikin down semangat Kang Opi. Dengan alasan kalau dibawa ke Bandung pasti keluar biaya untuk sehari-hari. Sampai akhirnya kita dipertemukan dengan temen-temen Sedekah Rombongan yang siap bantu Kang Opi sampai sembuh,” ujarnya.

“Melalui kesempatan ini kami ingin ucapkan terima kasih juga sama Pak Wabup kang, karena dulu Pak Wabup sudah menyempatkan waktu nengok Kang Opi. Sampaikan ke Pak Wabup, Alhamdulillah sekarang Kang Opi sedang ditangani temen-temen Sedekah Rombongan,” tambahnya.(sir)

Pos terkait