Limbah Medis Dibuang Sembarangan, Rumah Sakit Lira Medika Sebut Tidak Tahu

  • Whatsapp
Tumpukan Limbah Medis digaris polisi

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Tumpukan sampah dalam kantong plastik berwarna hitam besar ditemukan di tepi sawah yang berjarak sekira 5 meter dari bak penampungan Tempat Pembuangan Sampah (TPS)  membuat geger warga Kelurahan Palumbonsari,  Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, dikarenakan sampah tersebut adalah limbah rumah sakit yang diduga sengaja dibuang.

Tumpukan sampah tersebut diduga milik Rumah Sakit Lira Medika, karena saat di dalam kantong plastik tersebut ada kertas tulisan Rumah Sakit Lira Medika. Saat ini tumpukan limbah tersebut sudah dipasangi garis polisi. Saat ini belum ada keterangan dari pihak kepolisian setempat apakah tumpukan sampah itu berbahaya atau tidak.

Bacaan Lainnya

Salah seorang pemulung, Rosad (52), mengatakan, sampah-sampah itu memang dibuang dari truk milik Rumah Sakit Lira Medika Karawang.

“Mereka membuang sampah ke lokasi ini dua kali dalam sepekan, yakni setiap malam Rabu dan Sabtu,” kata Rosad kepada wartawan.

Saat spiritnews.co.id mencoba mengkonfirmasi kepada Humas  Rumah Sakit Lira Medika, Aditya, menjelaskan, bahwa sampah yang ada di rumah sakit ada dua jenis, yaitu sampah medis dan sampah non medis.

“Untuk sampah medis, kita bekerjasama dengan PT Wastek dan PT Abipraya. PT Wastek adalah tempat pengolahan sampah B3, sedangkan PT Abipraya adalah transporter yang mengangkut sampah medis dari rumah sakit sampai ke PT Wastek,” jelasnya, Kamis (13/2/2020).

Menurutnya, untuk sampah non medis, pihaknya bekerjasama dengan Yayasan Putra Karawang. Dimana Yayasan Putra Karawang bertindak sebagai transporter sampah. Dimana Yayasan Putra Karawang akan mengangkut sampah non medis dari rumah sakit ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Sampai minggu ini pun, baik dari PT Abipraya maupun dari Yayasan Putra Karawang masih rutin mengangkut Sampah Medis dan Non Medis dari rumah sakit. Dikarenakan ada kasus ini, maka kami akan mengevaluasi mutu dari pihak ke tiga,” jelasnya.

“Mengenai sampah yang ditemukan di lokasi kejadian, kami dari pihak rumah sakit sebelumnya samasekali tidak mengetahui kejadian tersebut. Dan saat ini sedang diselidiki oleh pihak berwenang. Dan dari pihak rumah sakit pun menunggu hasil penyelidikannya,” tambahnya.(ybs)

 

Pos terkait