Buruh Tani Akui Besarnya Manfaat Program JKN-KIS

  • Whatsapp
banner 468x60

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang dikenal dengan julukan “silent killer” atau pembunuh diam-diam. Penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang, namun penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi yang mengancam layaknya penyakit jantung.

Penyakit ini pulalah yang belakangan menjadi momok yang harus diwaspadai oleh Jaka (37). Pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani tersebut mengaku sudah beberapa bulan ini mengonsumsi obat untuk tekanan darah tingginya.

Bacaan Lainnya

banner 300250

Namun, hal tersebut tidak terlalu membuat Jaka khawatir. Ia telah terdaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Jaka beserta keluarganya terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang didaftarkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Karawang.

“Alhamdulillah bagi seorang buruh tani seperti saya, memiliki jaminan kesehatan merupakan suatu berkah yang patut saya syukuri. Saya dapat menjalani pengobatan di fasilitas kesehatan tanpa mengeluarkan biaya. Apalagi sakit kepala saya cukup sering kambuhnya,” tutur Jaka saat ditemui di kediamannya, Jumat (29/5/2020).

Lebih lanjut, Jaka mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu, ia mendapatkan manfaat yang diberikan oleh kartu JKN-KIS itu. Ia mengatakan kala itu istrinya juga baru saja melakukan operasi sesar untuk kelahiran anaknya. Sedari awal kehamilan hingga proses persalinannya, Jaka mempercayakan seluruhnya dengan menggunakan Katu JKN-KIS. Menurutnya pelayanan yang didapatkan keluarganya sangatlah memuaskan.

“Ini sudah kesekian kali saya dan keluarga dibantu oleh Program JKN-KIS. Program ini sangat menolong terutama bagi rakyat kecil seperti saya ini. Alhamdulillah sebagai Peserta JKN-KIS, saya tidak pernah merasa dibeda-bedakan, proses tindakan yang istri saya dapatkan cepat dan tidak dipersulit sama sekali. Yang paling utama, kami tidak perlu membayar biaya untuk pengobatan tersebut. Tidak terbayang berapa biaya yang harus kami bayarkan untuk operasi tersebut,” tambah Jaka.

Bagi Jaka beserta keluarganya, Program JKN-KIS telah memberi manfaat yang pasti dan menjadi penolong ketika mereka sedang membutuhkan jaminan kesehatan. Jaka juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada pemerintah daerah Kabupaten Karawang yang telah mendaftarkan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS. Jaka berharap Program JKN-KIS semakin lebih baik lagi ke depannya dan tidak jenuh untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat.(rls/red)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60