KKN 56 UMM Gelar Education and Art Peringati HUT RI Ke-75

  • Whatsapp

Kabupaten Malang, spiritnews.co.id – Menggelar acara untuk memperingati hari kemerdekaan disaat pandemi Covid-19 dengan mengitari merupakan hal yang cukup ekstrem. Seperti yang dilakukan oleh tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 56 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berlokasi di Desa Mulyoarjo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang.

Tim yang beranggotakan lima mahasiswa UMM tersebut menggelar event edukasi di SDN 03 Mulyoarjo yang bertema “Education and Art”. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan siswa-siswi Mulyoarjo berjumlah 15 orang.

Bacaan Lainnya

Education and Art merupakan acara untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-75. Dalam acara tersebut tim KKN 56 UMM menggelar serangkaian acara yang menghibur, yaitu gerakan senam cuci tangan, menonton film pendek mengenai hal-hal yang harus dilakukan di kala pandemi serta menyanyikan lagu gebyar-gebyar secara bersama-sama.

Rachel Putri, Koordinator KKN 56 menjelaskan tema Education and Art juga mengimplementasi konsep acara tidak hanya sekedar mengedukasi, namun juga belajar seni seperti menyanyi, menonton film pendek, serta senam sesuai irama.

“Pastinya kami mengundang siswa-siswi untuk menghormati hari besar Indonesia. Ketika ditanya mengenai acara ini, mereka mengaku senang bisa menginjakkan kaki di sekolah lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Iis Sugiarto, salah seorang Guru SDN 03 Mulyoarjo, mengatakan peran mahasiswa dalam membantu tumbuh kembang anak pada pendidikan serta kesehatan adalah hal yang baik.

Ia mengaku pihak sekolah merasa terbantu dengan acara yang ada. Hal ini seperti mengembalikan keaktifan sekolah yang dulu sempat hilang.

“Pihak sekolah membantu dengan senang hati, karena niat adik-adik mahasiswa sangat baik,” ucapnya.

Meskipun dengan tutorial sederhana dari internet, gerakan senam cuci tangan yang berlangsung selama 20 menit tersebut berlangsung sukses. Selain, membentuk tubuh kuat, hal tersebut juga mengedukasi mengenai gerakan cuci tangan yang benar.

Fitry Ayu, anggota tim KKN 56 menjelaskan gerakan cuci tangan yang benar belum banyak orang yang mengetahui. Oleh karena itu, acara unik tersebut bertujuan untuk mengedukasi pengetahuan baru, khususnya bagi anak.

“Banyak anak-anak yang ketika ditanya menjawab belum tahu gerakan yang benar untuk mencuci tangan. Nah, acara ini bertujuan untuk mengedukasi hal tersebut,” tutur mahasiswa Pendidikan bahasa Arab UMM tersebut.(rls/red)

Pos terkait