Subang Bangkitkan Semangat Gotong-Royong Lewat Ketapang

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Bupati Subang, Haji Ruhimat atau biasa dipanggil Kang Jimat, didampingi Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi atau biasa di panggil Kang Akur, menghadiri acara Gerakan Ketahanan Pangan AKABRI 89 dengan tema ‘Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit’, bertempat di Dusun Manyingsal, RT01,RW01, Desa Manyingsal Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, Kamis (3/9/2020).

Sebelum ke lokasi pelaksanaan kegiatan, Kang Jimat bersama tamu undangan rehat terlebih dahulu di kantor PT. PG Rajawali II Rayon Manyingsal. Untuk memudahkan mobilisasi tamu undangan, ke lokasi kegiatan yang berada di tengah-tengah perkebunan, tamu undangan diangkut dengan sarana transportasi Bis.

Bacaan Lainnya

Acara yang dilaksanakan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Diawali dengan rampak gendang dan tarian Dewi Sri dari SMK Kesenian Subang, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa.

Kang Jimat pada kegiatan tersebut menyampaikan program unggulan Kabupaten Subang dalam menguatkan ketahanan pangan adalah Gerakan Sapapait Samamanis.

“Gerakan tersebut memunculkan kembali jiwa gotong-royong diantara masyarakat. Selain itu dalam penguatan ketahanan pangan masyarakat, Pemerintah Daerah dengan POLRI berkolaborasi melalui program Lembur Tohaga Sapapait Samamanis,” tegas Kang Jimat.

Pemerintah Daerah bersama TNI-POLRI dan unsur Forkopimda serta seluruh elemen masyarakat, bersama-sama telah melakukan upaya pencegahan dan penanganan dampak pandemi Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran elemen masyarakat, jajaran POLRI khususnya jajaran Polres Subang yang terus berkolaborasi dengan Pemkab Subang dalam memulihkan kesehatan dan perekonomian masyarakat sekaligus untuk memanjatkan doa agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” imbaunya.

Kabaharkam POLRI, Komjen Pol Agus Andrianto, mengungkapkan bahwa kegiatan Gerakan Ketahanan Pangan AKABRI 89 pada hari ini menindaklanjuti perintah Panglima TNI dan Kapolri mengingat telah dilakukan juga kegiatan pemberian bansos dan pembagian masker serta kampanye pemakaian masker secara masif hingga ke kampung-kampung dan desa-desa dengan melibatkan tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK dan juga RT atau RW.

“AKABRI 89 juga telah memperbaiki jalan kurang lebih sejauh 6 kilometer yang tujuannya untuk meningkatkan pelayanan jalan agar memudahkan masyarakat,” jelasnya.

Kabaharkam mengatakn dengan adanya pandemi telah merubah perilaku petani menuju masyarakat industri. Dengan adanya pandemi ini semua berdampak bukan hanya kesehatan tapi lebih juga kepada ekonomi masyarakat industri. Sehingga saat ini Presiden pun menginstruksikan untuk bekerja luar biasa.

“Dengan teknologi pertanian diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, tujuan acara ini sebagai bakti TNI dan POLRI guna mendukung program pemerintah untuk penguatan pangan nasional sebagai bentuk kerja nyata untuk Indonesia.

Program ini sudah dilaksanakan tiga kali dan akan terus berlanjut tidak hanya dimasa pandemi saja. Kegiatan pada hari ini pun menjadi salah satu upaya keluar dari keterpurukan akibat pandemi. Dengan gerakan ketahanan pangan, diharapkan mampu memulihkan kesehatan masyarakat dan bangkitnya perekonomian.

Pada era kebangkitan dari pandemi, Pemerintah Pusat salah satunya menitik beratkan pada ketahanan pangan, dengan menjamin pasokan makanan, serta kelancaran distribusinya dari hulu ke hilir. Peningkatan nilai tambahan bagi petani, penguatan koperasi dan korporasi petani serta lumbung pangan salah satunya di lakukan di Kabupaten Subang.

Ketua Altar 89, Mayjen TNI Rudianto, berharap kegiatan yang dilakukan saat ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga masyarakat bisa paham bagaimana cara agar tetap berkembang dimasa pandemi Covid-19 sehingga meningkatkan ketahanan pangan.

“Ketua Altar 89 menyampaikan ini bukan merupakan akhir tapi adalah ini permulaan dimana bukan hanya sembako dan masker saja akan tetapi upaya untuk menghadirkan Ketahanan pangan di masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut diserahkan bantuan sosial secara simbolik dan masker sebanyak 2.000 paket yang diterima oleh perwakilan warga masyarakat.

Selanjutnya dilaksanakan penanaman bibit jagung secara serentak oleh Kabarhakam, Ketua Altar 89, Ketua Desta (Ikatan Alumni Akmil) Brigjen TNI Mochammad Hasan, Ketua Morogama (Ikatan Alumni AAL) Laksda TNI Coky Hutabarat, Ketua Icarus (Ikatan Alumni AAU) Marsma TNI Eding Sungkana, Ketua Dharana Lastarya (Ikatan Alumni Akpol) Irjen Pol Risyapudin, didampingi oleh Bupati dan Pejabat BNI. Acara ditutup dengan makan siang bersama secara bancakan sebagai simbol guyub sauyunan menuju Indonesia maju.

Turut hadir dalam acara hari ini Kabarhakam Polri, Para Ketua Altar 89, Wakapolda Jabar bersama PJU, Dirjen Bea dan Cukai, Vp Divisi Hub.Kelembagaan BNI, Head of Region BNI Bandung, Ketua DPRD Subang, Kapolres Subang, Dandim Subang, Pimpinan PT. Pupuk Indonesia.(rls/red)

Pos terkait