Kang Jimat Ingatkan CSR Elemen Penting Pembangunan

  • Whatsapp
spiritnews.co.id

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Kang Jimat, Selasa (8/9/2020) di Ruang Rapat Bupati 2, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Subang mengikuti kegiatan Rapat Forum CSR Kabupaten Subang.

Dalam kesempatan tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BP4D Kabupaten Subang, Ahmad Sobari, menuturkan maksud forum TJSLP Kabupaten Subang adalah untuk memberikan arahan bagi penyelenggaraan TJSLP dalam rangka optimalisasi program pembangunan di daerah.

Dalam kesempatan tersebut Kepala BP4D Kabupaten Subang memaparkan substansi yang dirubah dalam Peraturan Bupati tentang Penyelenggaraan TJSLP, sebelum perubahan (Nomor 56 Tahun 2017) dan setelah perubahan (Nomor 86 Tahun 2019).

Kang Jimat menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang, mengucapkan terima kasih kepada seluruh mitra CSR Kabupaten Subang yang telah berkontribusi terhadap pembangunan di wilayah Kabupaten Subang hingga saat ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh mitra yang telah berkontribusi membangun Kabupaten Subang melalui CSR-nya,” ujarnya.

CSR merupakan elemen penting yang berkontribusi dalam proses percepatan pembangunan dan kemajuan suatu daerah, oleh karena itu, untuk mendorong proses pembangunan yang lebih cepat, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang telah menerbitkan keputusan Bupati Subang Nomor : pr.14/kep.217-bp4d/2020 tentang forum tanggungjawab sosial dan lingkungan perusahaan Kabupaten Subang periode tahun 2019-2023.

Yang mana forum tersebut terdiri dari unsur perwakilan perusahaan, akademisi, tokoh masyarakat dan perangkat daerah yang membidangi perencanaan, sehingga kolaborasi forum CSR dengan Pemkab Subang diharapkan dapat mendorong pembangunan yang lebih cepat, efisien dan tepat sasaran yang sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Subang, yaitu mewujudkan Kabupaten Subang yang bersih, maju, sejahtera dan berkarakter.

“Di tahun 2020 forum CSR tersebut diharapkan menjadi salah satu ujung tombak percepatan pembangunan di Kabupaten Subang, khususnya terkait kegiatan strategis Bupati dan Wakil Bupati Subang, mengingat APBD dengan segala keterbatasannya serta proses perencanaan dan penganggaran yang panjang,” tambahnya.

Forum CSR hadir sebagai solusi atas permasalahan tersebut, sehingga manfaat pembangunan dapat dirasakan lebih cepat seperti yang terpapar dalam sembilan program jawara, yaitu jawara nata, jawara niaga, jawara wisata, jawara raga, jawara daya, jawara miara, jawara pakaya, jawara riksa dan jawara nagara. “Forum CSR hadir sebagai solusi permasalahan yang ada,” katanya.

Kang Jimat menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada mitra CSR, karena berdasarkan laporan sekretariat forum CSR, sebanyak 12 perusahaan yang melaporkan realisasi CSR selama periode Januari hingga Juni 2020, mitra CSR tercatat mengeluarkan dana sebesar Rp 2.630.288.700, ini menunjukan komitmen yang luar biasa mitra CSR tahun 2020 dalam rangka membangun daerah Kabupaten Subang di tengah anggaran Pemkab Subang banyak dilakukan refocusing sehingga peran mitra CSR tentu menjadi semakin penting.

“Mari bersama-sama mengedepankan semangat dan prinsip kerja ikhlas, kerja keras, kerja tuntas dan kerja berkualitas membangun Kabupaten Subang, sehingga harapan masyarakat dan termasuk kita semua, yaitu Kabupaten Subang yang Jawara (jaya, istimewa dan sejahtera) segera terwujud,” pintanya.

Direktur Dahana dalam kesempatan tersebut menyampaikan penunjukkan PT Dahana (Persero) sebagai koordinator Forum TJSLP atau CSR Kabupaten Subang tersebut merupakan sebuah amanah yang besar.

“Tentunya dibutuhkan dukungan dari Pemda, Apindo maupun rekan-rekan perusahaan,” terangnya.

Amanah ini juga melengkapi tanggungjawab PT. Dahana di lingkungan Kementerian BUMN yang juga ditunjuk sebagai koordinator TJSL untuk kluster Industri Pertahanan dan Manufaktur.

“Kami berharap semoga program satu dan yang lainnya dapat saling melengkapi dan menguatkan,” tegasnya.

Direktur PT. Dahana, menyampaikan, untuk pihaknya hingga semester I tahun 2020, bantuan TJSLP di Kabupaten Subang sudah sebesar Rp 527.520.040, terdiri dari bantuan bencana alam, bantuan penanganan Covid-19, bantuan sarana pendidikan dan olahraga serta stimulus penunda cicilan bagi mitra binaan yang terdampak Covid-19.

Pada bulan Oktober, seperti tahun-tahun sebelumnya dalam rangka HUT Dahana, gencar melakukan kegiatan CSR dengan berbagai program, seperti program desa binaan, pengobatan gratis, penghijauan, kampanye anti narkoba, sosialisasi stanting, normalisasi air bersih, pekan ceria untuk anak, wifi gratis, webinar gratis dan lain-lain.

Sambungnya, hal ini sesuai roadmap dari Kementerian BUMN, sehingga program kerja kedepannya menerapkan prinsip tujuan pembangunan berkelanjutan untuk jangka pendek dengan 6 fokus berupa, pengentasan kemiskinan, pendidikan yang berkualitas, pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi, menjamin kehidupan yang sehat dan sejahtera, energi yang bersih dan terjangkau serta mengembangkan industri yang inovatif.

“Apa yang kami lakukan mengedepankan pembangunan yang berkelanjutan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat menyampaikan Kembang Jawara (Katalog Pembangunan Subang Jawara) kepada Direktur PT. Dahana yang juga sebagai Ketua Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP) Periode 2019- 2023.(rls/red)

Pos terkait