Budaya Sarungan dan Gamis ASN Purwakarta Saat Peringatan HSN

  • Whatsapp

Kabupaten Purwakarta, spiritnews.co.id – Hari Santri Nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 22 Oktober setelah ditetapkan Presiden Joko Widodo 2015 lalu.

Di Purwakarta peringatan HSN tahun 2020 digelar secara unik, yakni para ASN dan seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta diwajibkan mengenakan pakaian muslim saat bekerja.

Bacaan Lainnya

Untuk para pegawai laki-laki mengenakan kain sarung dan kopiah hitam dan untuk para pegawai perempuannya diwajibkan mengenakan gamis.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, menggelar upacara peringatan HSN yang dipusatkan di halaman Kantor Kecamatan Campaka, Purwakarta.

Meski tidak ada kemeriahan, namun peringatan HSN tahun ini berlangsung khidmat, diikuti oleh para kepala OPD dan camat secara virtual mengingat pandemi Covid-19 saat ini, Kamis (22/10/2020).

“Saya mengimbau kepada seluruh ASN dan seluruh pegawai laki-laki untuk mengenakan sarung dan kopiah serta pakaian muslim gamis untuk perempuan. Selamat bagi santri dan santriwati di seluruh Indonesia khususnya di Purwakarta,” kata Anne.

Anne berharap, santri harus menjadi garda terdepan dalam rangka mewujudkan akhlakul karimah di tengah masyarakat.

“Insya Allah itu akan terjadi di Purwakarta, para santri bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat,” ujarnya.

Ketua MUI Kabupaten Purwakarta Jhon Dien, mengucapkan selamat HSN 2020 untuk Pemkab Purwakarta. Meski peringatan HSN sederhana namun begitu hidmat dan antusias masyarakat cukup tinggi.

“Mudah-mudahan para santri menjadi pejuang-pejuang di tanah air ini,” kata Jhon.(rls/red)

Pos terkait