Menteri ATR/Kepala BPN Resmikan Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor

  • Whatsapp

Kabupaten Bogor, spiritnews.co.id – Dalam rangka percepatan pelayanan pertanahan, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil ATR/BPN) Provinsi Jawa Barat meresmikan Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor, Rabu (17/02/2021). Peresmian Perwakilan Kantor Pertanahan tersebut dilakukan langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil yang sekaligus menyerahkan Sertipikat Hak Atas Tanah Aset Pemkab kepada Bupati Bogor, Ade Yasin.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil, mengatakan, sasaran dari Kementerian ATR/BPN saat ini adalah memperbaiki pelayanan pertanahan. Di Kabupaten Bogor sendiri, dengan jumlah penduduk yang cukup padat, tentunya masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat. Terutama dalam menangani masalah pendaftaran tanah, konflik, ataupun sengketa tanah.

Bacaan Lainnya

“Sudah banyak yang kita perbaiki bersama, sudah jauh lebih baik BPN dari masa yang lalu. Kami memperkenalkan istilah simpel ‘BPN Lebih Baik’. Di Bogor ini dengan 6 juta penduduk, satu kantor, kemudian aktivitas ekonomi, mungkin Bogor ini adalah satu yang paling cepat pertumbuhan ekonominya. Kadang-kadang pemerintah daerah kewalahan. Jadi beberapa upaya kita perbaiki, yang pertama internal BPN, pelayanan lebih baik, kita lakukan PTSL. Kalau seluruh tanah sudah terdaftar, maka konflik atau sengketa di masyarakat akan berkurang,” katanya.

Bupati Bogor Ade Yasin, mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga akan memfasilitasi Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor lainnya di Bogor Barat, tepatnya di Kecamatan Cigudeg.

“Yang sudah siap di Timur, menyusul di Barat di Cigudeg ada 14 kecamatan yang harus jadi perhatian tersendiri karena banyak tanah-tanah bermasalah. Masyarakat juga cukup padat. Dari 40 kecamatan wajar kita buka kantor perwakilan yang baru,” terangnya.

Kakanwil BPN Provinsi Jawa Barat Yusuf Purnama menuturkan, visi dari Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor adalah menjadi pilot project kantor layanan pertanahan berkelas dunia.

“Misinya mengoptimalkan kualitas dan kuantitas digitalisasi data pendaftaran tanah, melakukan validasi data pertanahan di atas 95%, pelayanan pertanahan berbasis online dan elektronik, meningkatkan pendapatan asli daerah dari kemudahan investor dalam menggunakan layanan pertanahan,” kata Yusuf.

Untuk diketahui, lokasi Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor beralamat di Jalan Alternatif Cibubur No. 6 Cileungsi Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor. Gedung Kantor Perwakilan Kabupaten Bogor dengan luas bangunan 282 m2, berdiri diatas tanah seluas 2.735 m2 merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bogor dengan sistem Pinjam Pakai.

Wilayah kerja Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor terdiri dari 7 kecamatan yaitu Kecamatan Sukamakmur, Tanjungsari, Cariu, Jonggol, Klapanunggal, Gunung Putri dan Cileungsi serta 75 Desa dengan luas total 77.528 ha. Sebelumnya, layanan pertanahan di 7 Kecamatan yang terletak di Bogor Timur pada tahun 2019 berjumlah 26.534, dan pada tahun 2020 berjumlah 26.338 untuk semua jenis pelayanan.(rls/red)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait