PT PIM Krueng Geukueh Bersama Fakultas Teknik Unimal Lhokseumawe Kembangkan Teknologi RUSPIN

  • Whatsapp

Kota Lhokseumawe, spiritnews.co.id – Senior Vice President Umum Saifuddin Noerdin, Asisten Vice President Rancang Bangun T. Ikmal, Asisten Vice Presiden PKBL Jufri beserta staf PKBL dan Humas melakukan kunjugan ke Kampus Unimal Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe  di kawasan Bukit Indah Lhokseumawe, Kamis (01/07/2021) sekira pukul 09.00 WIB.

Rombongan diterima langsung oleh Dekan Fakultas Teknik  Dr. Muhammad ST. M.Sc dan Dr. Ars. Rinaldi Mirsa, ST., MT yang juga sebagai pilot project. Kunjungan kerja ini terkait Alat Cetak RUSPIN (Rumah Unggul Sistem Panel Instan) merupakan bantuan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) Krueng Geukueh untuk  pelaksanaan project yang akan dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Teknik di tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Dr.  Rinaldi menyampaikan, dalam rangka meningkatkan inovasi, produktivitas dan sebagai sarana peningkatan wawasan mahasiswa. Tim Rancang Bangun Fakultas Teknik Unimal dalam rangka mewujudkan pembangunan rumah tahan gempa mencoba mengembangkan metode pembuatan struktur rumah dengan berbasis pada pengembangan alat cetak RUSPIN (Rumah Unggul Sistem Panel Instan) yang juga sejalan dengan sistem alat yang dipakai oleh kementerian PUPR.

“Alat RUSPIN merupakan ala teknologi baru rangka rumah pracetak dengan menggunakan sistem sambungan dengan baut dan teknologi ini cocok diterapkan di daerah rawan gempa seperti daerah Provinsi Aceh,”katanya.

Dikatakan,  untuk pengembangan alat ini nantinya diharapkan dapat menekan cost yang timbul dalam membangun suatu bangunan, baik di segi material dan biaya lainnya, peralatan ini akan diuji coba oleh mahasiswa dengan membangun kantin dilingkungan kampus Unimal.

“Dengan harapan ke depan peralatan ini bisa digunakan luas oleh masyarakat sehingga efisiensi bisa dicapai baik dibidang anggaran maupun waktu pengerjaannya,”ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Muhammad  mengucapkan terima kasih atas kontribusi PT PIM dalam mendukung dunia pendidikan untuk kemajuan pendidikan anak-anak mahasiswa/i yang merupakan calon SDM-SDM unggul yang siap bersaing di dunia kerja.

“Kedepan harapannya kerjasama ini bisa berlanjut sehingga bisa sinergi dalam menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas,”katanya.

SVP Umum Saifuddin Noerdin dalam sambutannya mengatakan, PT PIM akan terus mendorong kemajuan pendidikan melalui program-program yang sejalan dengan kebutuhan teknologi melalui pelaku praktisi seperti mahasiswa/i yang ada di Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Tentunya keberhasilan suatu program ataupun project tidak lepas dari inovasi-inovasi yang dibangun dan besinergi dengan berbagai kalangan, uji coba perlu dilakukan untuk mengukur efektivitasnya,  serta dievaluasi secara detail supaya hasil yang didapatkan akurat dan sesuai dengan harapan.

“Oleh karenanya, mahasiswa/i yang akan melakukan uji coba peralatan RUSPIN ini diharapkan menjadi Pilot Project yang kedepannya bisa diandalkan untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha di bidang properti yang selama ini masih memakai teknologi biasa,”katanya.

Saifuddin Noerdin juga berharap project ini bisa berlanjut dan membantu PT PIM dalam membangun rumah bantuan untuk masyarakat kurang mampu yang rutin dilakuan selama ini dengan memakai teknologi ini, dan juga melatih masyarakat yang menangani pembangunan rumah bantuan PT PIM menguasai teknologi peralatan RUSPIN nantinya.

Seperti diketahui pasca bencana setahun kebelakang, BNPB telah memberikan rekomendasi desain rumah yang aman dari gempa seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Salah satunya RUSPIN atau Rumah Unggul Sistem Panel Instan yang menggunakan teknologi terbaru dan sistem bongkar pasang.

“Sistem RUSPIN lebih mudah untuk dibangun karena menggunakan teknologi terbaru. Selain hemat biaya dan mudah untuk dibangun, kekuatan rumah tahan gempa ini juga sudah teruji. Rumah Unggul Sistem Panel Instan (RUSPIN) merupakan Teknologi rangka rumah pracetak dengan menggunakan sistem sambungan dengan baut. RUSPIN merupakan pengembangan teknologi RISHA. Teknologi ini cocok diterapkan hampir di seluruh wilayah Indonesia khususnya daerah rawan gempa,” ungkapnya.(mah)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait