BPJS Kesehatan Tingkatkan Pelayanan JKN-KIS Melalui Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

  • Whatsapp

Kabupaten Purwakarta, spiritnews.co.id – Sebagai langkah untuk meningkatkan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di wilayah Kabupaten Purwakarta, BPJS Kesehatan Cabang Karawang melaksanakan kegiatan Monitoring Evaluasi Pelayanan Kesehatan Primer Semester I FKTP Swasta Kabupaten Purwakarta.

“Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih kepada FKTP Swasta Kabupaten Karawang untuk komitmennya dalam melaksanakan Program JKN-KIS. Melalui pertemuan ini nanti akan kita lihat bagaimana pelaksanaan dan perkembangan dari pelaksanaan pelayanan pada FKTP mulai dari kunjungan dan rujukan di FKTP Swasta, Program Rujuk Balik, Implementasi Antrean Online. Dengan demikian kita dapat mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh rekan-rekan di lapangan,” ujar Hanny Syarifah, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Karawang.

Bacaan Lainnya

Dikatakan, untuk rasio rujukan masih terdapat beberapa diagnosa yang seharusnya tidak perlu dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjutan. Dirinya menekankan agar seluruh FKTP untuk tetap berkomitmen memberikan pelayanan yang tebaik kepada peserta utamanya pada kondisi pandemi Covid-19.

“Saat ini, BPJS Kesehatan tekah melakukan inovasi pelayanan melalui sistem antrean online. Inovasi ini dirasa sangat berpengaruh terhadap peserta yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan di tenagh masa pandemi Covid-19. Dengan demikian, kami berharap seluruh FKTP dapat meningkatkan kompetensinya dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS dan hal tersebut juga bisa menjadi nilai tambah bagi FKTP itu sendiri karena peserta JKN-KIS tentunya akan memilih fasilitas kesehatan yang memberi mereka kemudahan,” kata Hanny.

Hanny menjelaskan dalam sistem antrean online, peserta dapat melakukan pendaftaran pelayanan kesehatan di FKTP tanpa datang langsung ke FKTP, pendaftaran (pengambilan nomor antrean) dapat dilakukan dari rumah melalui aplikasi Mobile JKN. Nomor antrean peserta dapat diketahui sehingga peserta dapat memprediksi waktu kunjungan ke FKTP. Saat mendaftar peserta juga dapat menuliskan keluhan penyakitnya sehingga FKTP dapat terinformasi lebih awal terkait kondisi peserta.

Pada kesempatan tersebut, salah satu perwakilan FKTP Swasta yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyatakan bahwa kliniknya siap untuk meningkatkan pelayanan bagi peserta JKN-KIS. Nur mengungkapkan bahwa masih ada beberapa peserta yang masih beklum memahami cara kerja dari penerapan sistem antrean online. Dengan begitu, ia meyakini bahwa pihaknya siap untuk terus mengedukasi peserta untuk bisa memanfaatkan layanan antrean online.

“Kami sudah menerapkan antrean online di klinik kami sejak beberapa waktu lalu, awalnya banyak peserta JKN-KIS yang memang belum memanfaatkannya, namun semakin ke sini peserta JKN-KIS sudah semakin paham, apalagi menggingat kondisi pandemi seperti sekarang ini, mereka sekarang lebih memilih untuk menggunakan antrean online. Semoga ke depannya semakin banyak inovasi BPJS Kesehatan yang memudahkan peserta JKN-KIS maupun kami sebagai pemberi layanan,” ungkapnya.(ybs)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait