Di Purwakarta Ditemukan 4 Kasus Polio, Kabupaten Subang Gerak Cepat Mengantisipasi

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Ketua TP PKK Kabupaten Subang Yoyoh Sopiah Ruhimat dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang dr. Maxi melakukan pencanangan Sub PIN Polio Jabar di wilayah kerja Puskesmas Cibogo, Desa Cisaga, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (4/4/2023).

Yoyoh Sopiah Ruhimat mengajak masyarakat supaya paham akan pentingnya anak berusia 0-59 bulan diberikan imunisasi polio, karena penyakit polio bisa menyebabkan kedua kaki menjadi lumpuh layu, belum ada obatnya, tapi ada vaksinnya.

Bacaan Lainnya

“Seluruh pihak terutama para bunda yang memiliki anak usia 0-59 bulan, mari bersama-sama mensukseskan Sub PIN Polio,” kata Yoyoh.

Dikatakan, Sub PIN Polio akan berlangsung dua tahap. Putaran pertama dimulai 3 – 9 April 2023 dan putaran kedua dimulai 15 – 21 Mei 2023.

“Saya harap Kabupaten Subang bebas dari penyakit polio. Vaksinasi polio dengan sasaran 105.399 balita diharapkan dapat mencapai target 100%,” katanya.

“Imunisasi ini harus tercapai terget, dan anak-anak kita harus mendapatkannya untuk kesehatan mereka, pelaksanaannya di Posyandu, Puskesmas, sarana pendidikan PAUD, TK dan tempat pelayanan lain yang disiapkan oleh Puskesmas dan itu gratis,” tambahnya.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak takut memberikan vaksin polio untuk anaknya. Sebab, pemberian vaksin Polio ini ditetes melalui mulut ke balita untuk mencegah penyakit, sekaligus penularan polio, yaitu penyakit saraf yang bisa menimbulkan kelumpuhan permanen.

“Penyakit polio ini menular kepada anak-anak. Di Purwakarta sudah ditemukan kasus polio pada anak usia 4 tahun. Sehingga ditetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Subang, dr. Maxi, mengatakan, target anak usia 0-59 bulan akan diimunisasi polio sebanyak 105.399. Hari pertama imunisasi sudah 17,2%  atau 18.171 balita diimunisasi.

“Imunisasi polio, akan serentak dilakukan di seluruh kabupaten dan kota se-Jawa Barat. Imunisasi dilakukan karena adanya temuan kasus polio di Kabupaten Purwakarta,” kata dr. Maxi.

Untuk itu, ia mengajak seluruh orang tua yang memiliki anak usia 0-59 bulan untuk segera melakukan imunisasi polio d tempat-tempat terdekat. Dengan harapan anak balita tidak terkena polio.(sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait