Polwan Polres Karawang Imbau Warga Antisipasi Gukamtibmas Saat Ngabuburit

  • Whatsapp

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Kegiatan Preventif  Patroli Dialogis dilaksanakan oleh Polwan dan Sie Humas Polres Karawang dalam rangka Program Ramadhan Barokah secara humanis, antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Gukamtibmas) saat ngabuburit jelang berbuka puasa.

Sasaran kegiatan itu adalah masyarakat yang sedang melaksanakan aktifitas ngabuburit, baik yang sedang nongkrong ataupun pengguna sepeda motor menunggu waktu buka puasa.

Bacaan Lainnya

Kali ini Kegiatan dipimpin oleh Kasie Humas Polres Karawang Ipda Herawati bersama jajaran personal Polwan dan Sie Humas Polres Karawang di seputaran Jalan Tuparev – Jalan Surotokunto, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa (04/04/2023).

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono melalui Kasie Humas Ipda Herawati, mengatakan, kegiatan dilakukan dengan mengedepankan sikap humanis.

”Ini kita lakukan guna mengantisipasi adanya Gukamtibmas terhadap masyarakat yang sedang melaksanakan tradisi ngabuburit dalam rangka Ramadhan Barokah,” kata Ipda Herawati.

Selama Bulan Suci Ramadhan, kata Ipda Herawati, Polres Karawang melaksanakan kegiatan program Ramadhan Barokah yakni patroli ngabuburit secara humanis. Kegiatan tersebut merupakan inisiasi Kapolres Karawang sebagai bentuk kebersamaan dan kepedulian kepada masyarakat.

“Kami memberikan imbauan secara humanis sekaligus mengedukasi masyarakat terkait maklumat kepatuhan masyarakat selama buan Ramadhan,” katanya.

“Sasaran kita adalah warga yang tengah ngabuburit di lokasi keramaian atau tempat umum, seperti Alun-alun ini, banyak masyarakat yang menunggu waktu adzan Magrib dengan membeli takjil,” tambahnya.

Kegiatan yang dilakukan ini juga  dengan menyasar pelanggar lalu lintas seperti tidak mengenakan helm standar SNI, melawan arus, tidak mengenakan sabuk pengaman, dan mengenakan telepon selular saat berkendara serta imbauan di berikan juga kepada sekelompok anak muda-mudi yang sedang melaksanakan ngabuburit.

Personil Polwan memberikan edukasi secara humanis agar masyarakat agar dapat mengetahui dan mematuhi maklumat selama Bulan Puasa untuk dipatuhi, tidak hanya itu, sosialisasi tentang tata tertib berlalu lintas.

“Kami berikan teguran melalui upaya preemtif, preventif dan juga persuasif terkait isi maklumat kepatuhan masyarakat,” ungkapnya.(jos/osp/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait