Berikut Strategi Pasangan Jimat-Aku untuk Mendongkrak PAD Subang

  • Whatsapp

Kabupaten Subang, spiritnews.co.id – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang nomor urut 1, H. Ruhimat – Aceng Kudus (Jimat-Aku) menargetkan Subang jadi kabupaten dengan pertumbuhan pendapatan asli daerah (PAD) terbaik di Jawa Barat.

Calon Bupati Subang, H. Ruhimat atau yang akrab disapa Kang jimat, mengatakan, Jimat-Aku memiliki visi Kabupaten Subang jadi Kabupaten dengan pertumbuhan PAD terbaik di Jawa Barat. Hal tersebut optimis dapat dicapai karena ada pengalaman dalam peningkatan PAD.

Bacaan Lainnya

Pada periode pertama menjabat Bupati Subang, kata Kang Jimat, PAD Kabupaten Subang pada 2018 sebesar Rp 480 miliar, dan pada lima tahun kemudian atau tahun 2023, PAD Kabupaten Subang mencapai Rp 621 miliar.

“Maka dari itu, untuk menjadikan Kabupaten Subang sebagai kabupaten dengan pertumbuhan PAD terbaik di Jawa Barat, terdapat strategi yang akan dilakukan Jimat-Aku jika menang Pilkada Subang,” kata Kang Jimat.

Strategi untuk mendongkrak PAD dengan cara optimalisasi pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Patimban di Subang Utara dan KEK Subang di Subang Tengah dan Barat dengan mengundang berbagai investor internasional maupun nasional untuk membangun industrinya di Kabupaten Subang.

“Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati adalah daya tarik bagi investor untuk mau berbisnis di Subang karena akan membuat biaya logistik menjadi murah,” katanya.

Selain itu, tambahnya, menjadikan Subang Selatan sebagai puncak kedua di Indonesia melalui pengembangan kawasan wisata   bertaraf nasional.

“Pengembangan wisata di Bukanagara,” ucap Kang Jimat.

Strategi lainnya, tambahnya, modernisasi kawasan Industri: agribisnis, kreatif/seni budaya dan perikanan. Serta, menjadi pusat bisnis nanas di Indonesia.

“Pengembangan ekosistem perdagangan berbasis e-commerce di seluruh Subang. Karena dekat dengan pelabuhan, bandara dan jalan tol, pengiriman-pengiriman barang menjadi lebih murah,” ucapnya.

Menurut Kang Jimat, agar strategi di atas bisa diimplementasikan maka, mendorong peningkatan produktivitas birokrat dengan  perbaikan tata kelola organisasi pemerintah daerah (pemda) dan melakukan pro hire atau merekrut SDM profesional guna mendukung percepatan pembangunan.

“Mendorong digitalisasi seluruh aspek layanan pemda. Layanan kepada masyarakat dan perijinan akan semakin cepat, akurat, bersih dan transparan. Serta, menciptakan iklim dan situasi kehidupan masyarakat yang kondusif,” ujarnya.

Untuk mendongkrak PAD Subang jika nantinya terpilih pada Pilkada Subang 2024, pasangan Jimat-Aku akan melanjutkan program Subang Jawara (Jaya, Istimewa, Sejahtera) jilid 2, dengan lima prioritas program, yaitu :

  1. Optimalisasi pengembangan KEK Patimban di Subang Utara dan KEK Subang di Subang Tengah dan Barat dengan mengundang berbagai investor internasional maupun nasional untuk membangun industrinya di Subang.
  2. Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati adalah daya tarik bagi investor untuk mau berbisnis di Subang karena akan membuat biaya logistik menjadi murah.
  3. Menjadikan Subang Selatan sebagai Puncak Kedua di Indonesia melalui Pengembangan kawasan wisata bertaraf nasional. Pengembangan wisata di Bukanagara.
  4. Modernisasi Kawasan Industri : Agribisnis, kreatif/seni budaya dan perikanan. Menjadi pusat bisnis Nanas di Indonesia.
  5. Pengembangan ekosistem perdagangan berbasis e-commerce di seluruh Subang. Karena dekat dengan pelabuhan, bandara dan jalan tol, pengiriman-pengiriman barang menjadi lebih murah.

Adapun agar strategi di atas bisa diimplementasikan dengan mendorong peningkatan produktivitas birokrat dengan perbaikan tata kelola organisasi pemerintah daerah dan melakukan Pro Hire (Merekrut SDM profesional) guna mendukung percepatan pembangunan.

“Mendorong digitalisasi seluruh aspek layanan Pemda. Layanan kepada masyarakat dan perijinan akan semakin cepat, akurat, bersih dan transparan. Dan menciptakan iklim dan situasi kehidupan masyarakat yg kondusif,” ungkapnya.(ops/sir)

Editor: Lassarus Samosir, SE

Pos terkait