Jembatan Caman Resmi Digunakan, Titik Kemacetan Kota Bekasi Berkurang

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id/
Walikota Bekasi Rahmat Effendi meninjau hasil pengerjaan Jembatan Caman yang menelan biaya Rp 46,4 miliar.

Kota Bekasi, SpiritNews-Jembatan Caman yang pengerjaannya telah rampung, diharapkan bisa meminimalisir persoalan macet di simpang lima Jatibening. Jembatan sepanjang 75 meter dengan lebar 10,5 meter ini dibangun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp 46,4 miliar, rampung dikerjakan dalam kurun waktu dua tahun.

“Pembangunan jembatan layang tersebut untuk mengurai kemacetan di daerah simpang lima Kota Bekasi. Sebab, di jalur macet itu ada penyempitan tepat berada di jembatan,” kata Walikota Bekasi Rahmat Effendi kepada Spiritnews, Rabu (18/12/18).

Bacaan Lainnya

Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) dan polisi lalu lintas, kerap merasakan kewalahan di jam-jam sibuk “Sekarang kemacetan sudah terurai, ini merupakan hasil dari sebuah proses pembangunan,” ujarnya.

Baca Juga: Jembatan di Aceh Timur Dibakar Orang Misterius

Rahmat sangat optimistis, operasional proyek infrastruktur duplikasi Jembatan Layang Jalan Caman, Kecamatan Pondok Gede, dapat meminimalisasi titik kemacetan yang ada di Kota Bekasi. “Minimal dari 19 titik kemacetan yang saat ini di Kota Bekasi, bisa hilang dengan operasional duplikasi jembatan ini. Sebelumnya ada jembatan Jatiwaringin, juga sudah beroperasi,” ungkapnya.

Dijelaskan, dari data Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, ada enam sisi penerangan jalan umum (PJU) sisi oprit selatan dan dibantu dengan lampu high mast, untuk mengakomodir simpang lima Caman yang memiliki panjang jembatan utama 80 meter.

Kontruksi jembatan memiliki lantai beton dengan pengerasan lentur di finishingnya, serta panjang oprit selatan 90 meter. Kontruksi menggunakan dinding multi blok, dengan finishing pengerasan atas menggunakan aspal. Kelengkapan jembatan utama terdapat security fence dan rilling, untuk melindungi pejalan kaki di trotoar dan tol.

Berita Lain: Warga Pekayon Tolak Pembongkaran Jembatan Kalimalang

Dikatakan, panjang pelebaran sekitar 52 meter, untuk sisi barat menggunakan kontruksi pengerasan lentur (aspal) dengan lebar variasi. “Untuk panjang kontruksi hampir sampai 130 meter dan pelebaran sisi utara jembatan menggunakan kontruksi kaku dengan panjang 82 meter lebar 3,5 meter,” ujarnya.(sam)

Pos terkait