Ketua Kadin : Kabupaten Karawang Bakal Menjadi Role Model Vokasi Nasional

  • Whatsapp
spiritnews.co.id
Perwakilan Kadin Indonesia, salah satunya Kadin Kabupaten Karawang, dan Disnakertrans study banding pendidikan kejuruan sistem ganda ke Jerman

Kabupaten Karawang, spiritnews.co.id – Untuk tahun 2019 – 2020, pemerintah telah menetapkan Kabupaten Karawang menjadi salah satu daerah pilot projeck atau role model vokasi nasional.
“Targetnya, Kabupaten Karawang akan menjadi role model vokasi nasional,” kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Karawang, Fadludin Damanhuri saat dihubungi spiritnews.co.id melalui sambungan WhatsApp, Kamis (21/2/2019).

Baca Juga : Wakil Bupati Karawang Protes Keberangkatan Kepala Disnakertrans ke Jerman

Bacaan Lainnya

Fadel, sapaan akrab Ketua Kadin Kabupaten Karawang, Fadludin Damanhuri, mengatakan, Pemerintah Indonesia melalui Kadin Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan Kadin Jerman atau Industrie- und Handelskammertag (IHK). Kerjasama ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai vokasi.

Baca Juga : Indonesia-Jerman Perkuat Kerjasama Pelatihan Vokasi

“Kadin Indonesia meminta Kadin Kabupaten Karawang, Dinas Tenag Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia berangkat ke Jerman untuk study banding pendidikan kejuruan sistem ganda. Saya bersama Kepala Disnakertrans Karawang A. Suroto dan perwakilan dari Toyota sekarang lagi di Jerman,” kata Fadel.
Dikatakan, Kadin Indonesia mengikutkan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ikut study banding ke Jerman, karena perusahaan otomotif tersebut akan menjadi pusat study percontohan vokasi nasional.

Baca Juga : Kemnaker Akan Genjot Pelatihan Vokasi di 2019

“Untuk tingkat nasional akan dibentuk kerjasama bilateral dengan berdirinya Germany – Indonesia Vocation. Sebagai salah perusahaan pusat study percontohan nantinya adalah PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Dan Kabupaten Karawang menjadi daerah role model vokasi,” jelasnya.
Menurutnya, keberangkatannya ke Jerman bersama Kepala Disnakertrans Karawang, A. Suroto, bukan semata-mata bersenang-senang atau jalan-jalan. Tetapi, ia dan A. Suroto membawa misi untukstudy banding pendidikan kejuruan sistem ganda.

Berita Terkait : Desa Vokasi Muktijaya Jadi Lokasi Gebyar GP3M Pertama di Karawang

“Kami ke Jerman untuk menindaklanjuti kerjasama antara Pemerintah Indonesia dengan Jerman dalam pengembangan vokasi. Ini adalah kerjasama Kadin Indonesia yang mempunyai mandat dari pemerintah dengan Kadin Jerman atau IHK,” ujarnya.
Diakuinya, saat ini yang berangkat ke Jerman untuk belajar vokasi bukan hanya dari Kabupaten Karawang saja. Melainkan Kadin Surabaya bersama Kepala Disnakertrans Provinsi Jawa Timur dan Kadin Yogyakarta bersama Kepala Disnakertrans Provinsi Yogyakarta juga ikut berangkat,” ungkapnya.(sir)

Pos terkait