Pengalaman Tak Terlupakan Pasien Jantung Mandaya Hospital Karawang

  • Whatsapp
https://spiritnews.co.id
H. Tarsin (63), saat mendapatkan penanganan medis di Mandaya Hospital Karawang.

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Pengalaman tak terlupakan dialami H. Tarsin (63), saat mendapatkan penanganan medis di Mandaya Hospital Karawang beberapa bulan lalu. Isak tangis yang dulu kerap menyelimuti, kini berganti menjadi gelak tawa kebahagiaan. Senyum lebar pun selalu menghiasai wajahnya, usai pasang ring jantung pada 4 Juni 2018 lalu.

“Mulanya saya tidak menyangka, sesak nafas yang tak sembuh ini ternyata bukan penyakit biasa. Terkadang saya tak bisa bernafas, lemas atau pusing yang serasa berada di ketinggian. Beraktivitas sedikitpun membuat saya lelah,” ujar H.Tarsin yang berprofesi dibidang sektor pertanian di wilayah Kecamatan Cilamaya Karawang.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, usai konsultasi dengan dokter spesialis jantung Mandaya Hospital Karawang, dr. Robert Edward Saragih Sp.JP(K), ia disarankan untuk melakukan tindakan cathlab. “Hasilnya saya terdiagnosa penyakit jantung akibat penyempitan pada pembuluh darah koroner, dan disarankan untuk melakukan pemasangan ring,” katanya.

H. Tarsin sekeluarga dijelaskan secara detail oleh dokter mengenai penyakit yang dialami, mengenai gejala, penyebab, serta dampaknya. Begitupun dengan tindakan non bedah ini. “Takut dan panik mendengar harus ada benda (ring, red) di dalam tubuh saya, apalagi saat memasuki ruang tindakan,” ujarnya.

Namun ia mengaku sangat terkesan melihat pelayanan medis di Mandaya Hospital Karawang, disamping profesionalitasnya yang diutamakan, ia juga merasakan ada kedekatan yang hangat postif dengan tim medis, seperti keluarga yang mensupport untuk kembali sembuh seperti sediakala.

“Pengalaman ini tentunya akan saya ceritakan kepada kerabat dan sahabat-sahabat yang memiliki riwayat penyakit jantung seperti saya. Karena jika harus dilakukan pemasangan ring jantung, tidak perlu jauh-jauh harus keluar kota, di Mandaya Hospital Karawang pun sudah lengkap. Karena resiko diperjalanan bisa saja terjadi jika tidak tertangani secara cepat,” kata H. Tarsin.

Sementara itu, dr. Robert Edward Saragih Sp.JP(K) mengungkapkan, pemasangan ring jantung bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang tersumbat.

“Ini merupakan langkah intervensi tindakan yang mudah dilakukan oleh seorang dokter, pemasangan ring atau stent dilakukan untuk melebarkan pembuluh darah koroner yang menyempit atau tersumbat,” katanya.(rls/SpiritNews)

Pos terkait