Disnaker Purwakarta Larang Warganya Jadi TKW

  • Whatsapp

Purwakarta, SpiritNews-Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Nana Mulyana melarang warga Purwakarta yang ingin bekerja menjadi tenaga kerja wanita (TKW) ke luar negeri.
Larangan ini sudah disampaikan kepada warga sejak tahun 2016 lalu, namun masih ada saja yang masih ingin bekerja ke luar negeri, khususnya Malaysia dan Arab Saudi.
“Kita sudah larang pekerja untuk asisten rumah tangga terutama perempuan untuk bekerja di kedua negara tersebut, Bupati Purwakarta sendiri sudah mengeluarkan SK tentang pelarang tersebut,” kata Nana Mulyana, Kamis (16/3/2017).
“Namun masih saja ada pemberangkatan ke kedua negara tersebut, dan memang biasanya ilegal dan masalah mulai muncul saat terjadi seperti kejadian kemarin TKW asal Purwakarta meninggal dunia,” ujarnya.
“Yang repot kan kita, walaupun kita tidak pernah tahu bagaimana keberangkatan tersebut tetapi kita tidak bisa lepas tangan, kita upayakan mengembalikan karena permintaan keluarga, dan memang TKW tersebut warga kita,” tambahnya.
“Biasanya kita berkordinasi dengan kementerian, dan mengurus segala sesuatunya, kalau sudah begini kan TKW sendiri yang rugi, dan saya meminta kepada desa-desa setempat yang mengetahui akan adanya keberangkatan TKW ke negara tersebut agar tidak pernah mengijinkan warganya, bila perlu beritahukan kepada Disnaker agar bisa ditindak lanjuti,” jelasnya.
“Hindari praktek penyaluran tenaga kerja keluar negeri secara ilegal, sehingga pekerja kita bisa dilindungi dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.(reg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *