Brigjen TNI Joko Warsito Sambangi Kampus Hijau Kodim 0104 Aceh Timur

  • Whatsapp
Ketua Tim Lomba Binter Tingkat Utama Brigjen TNI Joko Warsito menyambangi Kampus Hijau binaan Kodim 0104 Aceh Timur
Ketua Tim Lomba Binter Tingkat Utama Brigjen TNI Joko Warsito menyambangi Kampus Hijau binaan Kodim 0104 Aceh Timur

Kota Langsa, SpiritNews-Ketua Tim Lomba Binter Tingkat Utama, Brigjen TNI Joko Warsito menyambangi Kampus Hijau Binaan Kodim 0104 Aceh Timur di Jalan. Prof. Majid Ibrahim, Desa Seurigit, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa, Selasa (19/9/2017).
Kunjungan ini didampingi Danrem 011 Lilawangsa Kolonel Inf Agus Firman Yusmono, Aster Kasdam Iskandar Muda Kolonel Inf Mahesa, para Dandim dan para Danyon jajaran Korem 011 Lilawangsa.
Dalam lawatannya ke Kampus Hijau ini didampingi Dandim 0104 AcehTimur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar.
Penggagas Kampus Hijau, Ishenny Mohd Noor, memaparkan ke tim penilai bahwa Kampus Hijau merupakan pengolahan sampah dari limbah masyarakat menjadi produk-produk yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.
Diantara produk yang sudah dihasilkan dari pengolahan sampah ini adalah Biochar Biopro yang merupakan Pupuk Karbon Organik Penyubur Tanaman, Briqet Biopro atau Briqet untuk Bahan Pembakaran sejenis Parapin.
“Juga bisa berfungsi sebagai Bata Karbon Ringan atau disebut Batakar untuk digunakan sebagai bahan material bangunan jalan sungai dan laut untuk mitigasi bencana,” kata Ishenny.
Dikatakan, asap yang ditangkap dari pembakaran sampah tadi juga bisa dikemas menjadi Liquid Smoke yang berfungsi untuk Insektisida dan Obat Kulit. Pengolahan sampah ini merupakan kerjasama dengan Kodim 0104 Aceh Timur yang sebelumnya sudah menggagas Bank Sampah.
“Hasilnya, bisa menambah pendapatan masyarakat dan tentunya bermanfaat untuk mengurangi pengangguran,” jelasnya.
Brigjen TNI Joko Warsito yang juga Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Wadanpusterad) sendiri sangat mengapresiasi gagasan ini, khususnya produk unggulan Kodim 0104 Aceh Timur. “Dinilai sangat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat,” katanya.(mah)

Pos terkait