Azis: Karawang Butuh Dinas Pemuda dan Olahraga

  • Whatsapp
Abdul Azis
Abdul Azis

Kabupaten Karawang, SpiritNews-Sejumlah tokoh muda Karawang, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang untuk membentuk dinas yang khusus menaungi peran pemuda dan olahraga secara penuh dan terpisah dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

Pasalnya, di pemerintah pusat seperti Kementerian Pendidikan dan Kementerian Pemuda dan Olahraga itu masing-masing berdiri sendiri.

Mantan Ketua KNPI Karawang, Abdul Azis, mengatakan, untuk mengukur suatu keberhasilan dari pemuda, serta meningkatkan prestasi olahraga dan mendapat atlet handal, membutuhkan dinas yang dapat menaungi secara penuh untuk kegiatan pemuda dan olahraga.

“Harusnya ada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), jangan nomenklaturnya tergabung dengan bidang lainnya,” ujar Azis yang saat ini menjabat Wakil Ketua KNPI Jawa Barat, di Karawang, Rabu (07/02/2018).

Ia mengatakan, Dispora nomenkalturnya sudah jelas di kementerian, sehingga kegiatan pemuda dan olahraga bisa berjalan maksimal, karena selama ini Bidang Pemuda dan Olahraga masih tergabung dengan Dinas Pendidikan.

“Selama ini bidang olahraga merasa dianak-tirikan, karena seluruh pembiayaan terfokus di pendidikan. Sehingga keberadaan Dinas Pemuda dan Olahraga itu penting, agar pembinaa pemuda dan atlit dapat dilakukan secara maksimal,” katanya.

Menurutnya, keberadaan Dinas Pemuda dan Olahraga sangat perlu di Karawang, karena generasi muda di daerah ini mencapai 40 persen. Sedangkan Bidang Pendidikan saja memiliki beban kerja yang cukup banyak dalam meningkatkan mutu pendidikan, akibatnya bidang pemuda dan olahraga sering terabaikan.

“Terlebih permasalahan pemuda saat ini cukup tinggi tapi belum bisa diatasi hanya oleh bidang saja tapi diperlukan dinas agar bisa fokus,” tandasnya.

Senada, Ketua Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) HMI Karawang, Agung Septian, mengatakan, meningkatnya aksi kenakalan yang dilakukan para remaja sebagai penerus generasi bangsa harus diurus oleh dinas tersendiri di Pemkab Karawang. Sebab kenakalan remaja semakin merajalela mulai dari minuman keras, seks bebas dan narkoba.

“Kami berharap pemerintah daerah yang saat ini dipimpin oleh Cellica-Jimmy yang notabene pemimpin muda harusnya bisa peka terhadap generasi muda. Jadi kami minta bidang pemuda dan olahraga bisa berdiri sendiri,” tandasnya.

Menurut Agung tidak ada kata terlambat dalam menyelamatkan para remaja dari hal-hal yang negatif, sebab para remaja itu merupakan generasi penerus yang harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.(moy)

Pos terkait