Waspadai Bencana Kebakaran di Musim Kemarau

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibiesono.

Kabupaten Purwkarta, SpiritNews-Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibiesono meminta masyarakat mengantisipasi kekeringan dan kebakaran, mengingat musim kemarau yang cukup panjang pada tahun ini.

“Masyarakat antisipasi, apalagi untuk wilayah yang berpotensi kebakaran, jangan sembarangan membakar sampah,” ungkapnya ketika ditemui SpiritNews di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Purwakarta, Kamis (2/8/2018).

Bacaan Lainnya

Pria yang juga menjabat sebagai Plt Kasatpol PP Purwakarta ini mengungkapkan, ada beberapa titik yang harus diwaspadai terutama untuk daerah rawan kebakaran, diantaranya Bungursari, Jatiluhur, Campaka, Cibatu, Tegalwaru.

Pada musim kemarau tahun ini, ada hal menarik ketika Kecamatan Pondoksalam masuk dalam kategori rawan bencana kekeringan. “Ada gejala perubahan yang harus diwaspadai juga, Pondoksalam yang tidak masuk kategori kali ini menjadi salah satu wilayah rawan kekeringan,” ujar Wahyu.

Potensi rawan kebakaran pun terus diantisipasi oleh pihaknya, terutama di wilayah yang memiliki lahan kosong serta hutan. “Kita terus antisipasi, karena potensi kebakaran di kemarau ini cukup tinggi juga. Kita minta masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan ataupun hal-hal yang menimbulkan kebakaran, termasuk relawan kebakaran di setiap kecamatan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk wilayah yang disinyalir kesulitan air bersih, pihaknya siap membantu lewat koordinasi dengan PDAM Purwakarta. “Bagi yang membutuhkan air bersih, silahkan laporkan pada kami. Karena kita terus berkoordinasi, bahkan kita sudah standby kendaraan water supply,” ujar Wahyu.(reg)

Pos terkait